Mandiri Pangan di Lahat, Libatkan Emak-emak

Peternak ikan di Lahat panen.

Laporan: A Putra

Lahat, Sumselupdate.com – Gerakan Sumsel mandiri pangan di Kabupaten Lahat, memberdayakan emak-emak.

Read More

Menurut Kepala Dinas Ketahanan Pangan H Ramsi, dalam gerakan Sumsel mandiri pangan memberdayakan Ibu Rumah Tangga (IRT) ditingkat pedesaan, dengan memanfaatkan pekarangan rumah.

“Selama ini warga di Lahat ini selalu menjadi pembeli, nah, kita ubah mindset sebagai penjual, dengan menyulap halaman rumah produktif,” katanya, Kamis (13/01/2022).

Mereka akan diajarkan bagaimana cara budidaya ikan di kolam terpal, beternak ayam, menanam sayur mayur dan buah-buahan.

“Dari itu semua, akan menghasilkan baik bagi rumah tangga dan bisa dijual untuk pendapatan keluarga,” ujar dia.

Ditambahkan H Ramsi, pihaknya bekerjasama dengan TP PKK Kabupaten Lahat, nantinya disampaikan kepada Camat, kepala desa (Kades) dan PKK Desa, agar bisa diberikan pembinaan dan bimbingan.

“Bukan sekedar mengubah mindset  pembeli jadi penjual, tetapi, bisa membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) menurunkan angka stunting, dengan keseimbangan makanan bergizi,” tutur dia.

Terpisah, Ketua TP PKK Kabupaten Lahat, Lidyawati Cik Ujang menyampaikan, pihaknya akan memberikan informasi dan komunikasi dalam upaya menurunkan angka stunting, semenjak kehamilan hingga anak berusia dua tahun dengan makanan bergizi.

“Dari wawasan tersebut, ibu-ibu yang ada di desa, mampu berbuat dengan arahan dari Camat, Kades, PKK Desa,” pungkasnya. (**).

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.