Mahasiswa NTB di Wuhan, China Aman dari Virus Corona

Zulkieflimansyah, Gubernur NTB saat pelepasan mahasiswa NTB yang akan studi ke China dan Taiwan. Foto: Instagram LPP NTB

Jakarta, Sumselupdate.com – Beberapa mahasiswa asal Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang tengah menuntut ilmu di negeri tirai bamboo, empat diantara mahasiswa NTB yang studi di Kota Wuhan, China, dinyatakan aman.

Menurut Ketua Divisi Kerjasama Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP) NTB, Imanuella Andilolo menyatakan, dua di antara mahasiswa NTB saat ini sedang tidak di Wuhan. Keduanya kebetulan sedang berada di Indonesia karena libur Imlek, sedangkan 2 lainnya masih di asrama kampus.

Bacaan Lainnya

”Dua orang mahasiswa sedang berlibur sebelum Wuhan terserang corona,” ujarnya, dilansir kumparan, Minggu (26/1).

Kantin kampus juga dikabarkan diaktifkan untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa sehingga mereka tidak perlu keluar agar terhindar dari virus corona. Menurut Imanuella, meski tinggal di asrama juga aman tapi pihak KBRI menyarankan kedua mahasiswa tersebut pulang dahulu karena sedang libur panjang.

“Tapi tinggal dalam asrama pun aman, asalkan mengikuti pengarahan pimpinan asrama,” ujarnya.

Sejauh ini Pemerintah China juga tidak memberikan akses masuk ke negaranya untuk mencegah risiko. Sejumlah rumah sakit dikabarkan siaga untuk menerima dan merawat pasien yang terdampak virus tersebut.

Kota Wuhan yang sudah diisolasi diduga sebagai pusat wabah corona. Pemerintah setempat menutup semua jalur transportasi masuk dan keluar dari kota berpenduduk 11 juta tersebut.

Virus corona dapat ditularkan melalui saluran pernafasan. Pemerintah China menyebutkan 1.975 warganya terinfeksi virus corona dan 56 diantaranya telah meninggal dunia. Presiden China Xi Jinping menyatakan negaranya dalam keadaan genting oleh serangan virus tersebut. Pada Sabtu (25/1), mereka juga telah melaksanakan rapat politbiro untuk membahas langkah-langkah yang akan dilakukan.

Pihak LPP NTB saat ini terus memantau situasi dan berkoordinasi dengan Kedubes RI untuk memastikan kondisi dua mahasiswa NTB di sana. Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov NTB, Najamuddin Amy juga menyatakan hal yang sama. (rns)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.