Luhut Ingin Permudah Dokter Asing Masuk RI, Ini Kata IDI

Jakarta, Sumselupdate.com – Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) keberatan dengan wacana yang dilontarkan Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan bahwa pemerintah sedang mengkaji kemudahan izin bagi dokter asing masuk Indonesia.

Wakil Ketua Umum PB IDI dr Adib Khumaidi menjelaskan bahwa sumber daya manusia (SDM) di bidang kedokteran di Indonesia yang sebaiknya dioptimalkan.

Bacaan Lainnya

“Yang jelas kan kita punya aset 180.000 dokter. Artinya kita memaksimalkan dari sejumlah itu untuk kemudian meningkatkan konsep pelayanan. Jadi sudah cukup itu untuk menjadi aset untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dari sisi SDM,” kata dia, Selasa (18/8/2020) seperti dikutip dari detukcom.

Dia menjelaskan SDM yang ada di dalam negeri sudah cukup, tinggal bagaimana tata kelolanya diperbaiki sehingga dengan jumlah dokter yang ada itu sektor kesehatan di dalam negeri bisa berjalan optimal.

“Jadi itu yang perlu menjadi perhatian bukan kemudian mendatangkan dokter asing,” sebutnya.

Oleh karenanya itu, pihaknya menolak jika pemerintah ingin mendatangkan dokter-dokter asing sementara di dalam negeri tersedia. Fokus yang harus dikerjakan menurutnya adalah memperbaiki konsep pelayanan kesehatan.

“Ya artinya itu yang kemudian sebaiknya dikerjakan oleh negara dalam konsep-konsep peningkatan masalah pelayanan kesehatan,” tambahnya. (adm3/min)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.