LKPI Prediksi Kontestasi Musda Golkar Sumsel Mengarah Aklamasi, Benarkah?

Suasana diskusi bulanan Graha Kopi Times di Kantor Hukum Akhmad Yudianto, SH, MH.

Palembang, Sumselupdate.com – Pengamat Politik dari Lembaga Kajian Publik Independen (LKPI) memprediksi musda DPD I Golkar Sumatera Selatan mengarah pada aklamasi.

“Hal ini melihat tren diberbagai daerah lain dimana ada kecenderungan panas di awal namun akhirnya berujung pada aklamasi,” kata Direktur Eksekutif LKPI Arianto, ST, MSi, Jumat (28/2/2020) dalam Diskusi Bulanan Graha Kopi Times di Kantor Hukum Akhmad Yudianto, SH, MH.

Bacaan Lainnya

Alumni Unsri ini menilai saat persaingan panas antara kandidat Ketua DPP I Golkar Sumsel yakni Dodi Reza Alex, Kahar Muzakir, dan Ridho Yahya.

“Namun melihat gejala dinamika Musda Golkar Sumsel, ada upaya musyawarah mufakat yang berujung kumungkinan aklamasi,” kata eks Koordinator LSI Sumsel ini.

Berdasarkan survei yang dilakukan LKPI sendiri saat menjaring Ketua Umum Golkar lalu, 60 persen pemilih Golkar Sumsel menginginkan Ketua DPD Golkar Sumsel berlatar belakang kepala daerah kemudian wakil rakyat.

“Maka wajar tercermin ada Ridho Yahya, DRA, Kahar,” kata pria yang akrab disapa Iyan.

Dikatakannya, jika dilihat dari sosok, ketua yang diinginkan yakni peduli pada kader, bersih dari korupsi, pintar. dan lainnya.

“Jika dibandingkan berdasarkan survei umum di Sumsel, tokoh Golkar yang muncul di kontestasi, Dodi dilanjutkan dengan Ridho lebih populer dan disukai,” ungkap Lembaga Survei yang tergabung dalam Persepi ini.

Di tempat yang sama, Pengamat Politik Unsri Dr Ardian Saptawan mempunyai pandangan berbeda. Ketua DPRD Sumsel RA Anita Noeringhati sebagai salah satu tokoh yang menentukan kemenangan.

“Jabatannya saat ini sebagai Ketua DPRD dan jaringan politiknya menjadi salah satu potensi menentukan arah Golkar dalam Musda,” ungkap mantan anggota KPU Sumsel ini.

Namun demikian persaingan tetap berkutat pada tiga klan besar yakni klan Alex Noerdin, klan Mawardi Yahya, dan klan Kahar Muzakir. “Ketua DPRD Sumsel RA Anita bisa jadj tokoh penentu dari dinamika ini,” kata dia. (syd/rel)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.