Lima Orang Utan Selamat dari Perdagangan Ilegal

Jakarta, Sumselupdate.com – Direktorat Tindak Pidana Tertentu Mabes Polri mengamankan tersangka penjulan hewan langka dan dilindungi. Terdapat lima ekor anak Orang Utan yang diamankan dalam penangkapan kali ini.

“Perdagangan satwa ini merupakan ancaman serius . Ini dibahas dalam acara rapat antar kepolisian dunia. Kejahatan terhadap satwa langka ini menjadi peringkat kedua di dunia,” ujar Direktur Tindak Pidana Tertentu Bareskrim Polri Brigjen Pol Purwadi Arianto di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, seperti dikutip dari detik.com, Selasa (20/9/2016).

Bacaan Lainnya

Penangkapan dilakukan pada Selasa (26/7), polisi bersama, Animal Indonesia dan Center for Orang Utan Protection (COP) dan Wildlife Conservation Society menyita hewan dilindungi yang diperjual belikan.

Dalam penangkapan kali ini tertangkap tersangka berinisial HY di Jakarta Timur dengan barang bukti seekor Orang Utan. Dari keterangan tersangka kemudian diungkap satu tersangka lagi yang berada di Medan berinisial Z.

“Tersangka berinisial Z kita tangkap dengan barang bukti empat Orang Utan. Tersangka sudah kita tahan,” tutur Purwadi.

Hewan tersebut diperjual belikan oleh tersangka secara konvensional. Orang Utan tersebut rencananya akan dijual sebesar Rp 31.000.000.

“Atas pengakuan tersangka empat ekor Orang Utan akan dijual sebesar tiga puluh satu juta. Namun sebelum pembeli mengambil dan membayar satwa, tersangka Z ditangkap,” jelas Purwadi.

Tersangka diancam Pasal 21 ayat (2) huruf A , Pasal 40 ayat (2) Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konsevasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya dengan ancaman penjara paling lama 5 tahun. (pto)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.