Kulit Pisang Ternyata Bisa Menyuburkan Tanaman

Ilustrasi kulit pisang

Jakarta, Sumselupdate.com – Untuk merawat tanaman, tanaman harus disiram serta diberi pupuk secara teratur.

Banyak pupuk yang bisa menjadi pilihan untuk menyuburkan tanaman, seperti pupuk kompos.

Bacaan Lainnya

Namun tahukah Anda, jika ada pupuk alami yang bisa digunakan untuk menyuburkan tanaman seperti kulit pisang? Ya, kulit pisang bisa menjadi sebuah pupuk yang dapat menyuburkan tanaman.

Di dalam kulit pisang terkandung berbagai nutrisi, termasuk kalium dan fosfor. Keduanya merupakan nutrisi penting yang ada di dalam pupuk.

Kulit pisang akan kehilangan nutrisinya, jika kulit pisang dikeringkan karena sebagain besar nutrisi yang terkandung di dalamnya akan hilang dan kandungannya lebih rendah daripada pupuk biasa. Untuk itu, hindari mengeringkan kulit pisang untuk dijadikan sebuah pupuk.

Mengandung kalium

Dilansir dari Cape Gazette, Minggu (15/11/2020), kulit pisang baik untuk berkebun karena mengandung 42 persen kalium serta kulit pisang memiliki sumber kalium organik tertinggi.

Kalium memperkuat batang tanaman dan juga melawan penyakit. Bahkan dengan menggunakan kulit pisang, bunga dan buah-buahan akan lebih subur dan enak.

Potasium yang terkandung dalam kulit pisang membuat tanaman tahan terhadap kekeringan.

Selain itu, kulit pisang bisa meningkatkan kandungan protein pada tanaman. Kalium tersebut bisa membantu tanaman tumbuh untuk berbuah dan berbunga.

Lantas, bagaimana caranya menyuburkan tanaman menggunakan kulit pisang? Untuk mengaplikasikannya, Anda bisa mengubur kulit pisang tersebut ke dekat tanaman.

Anda juga bisa menyeduh kulit pisang dengan memasukkannya ke dalam toples berisi air dan ditutup rapat.

Kemudian, biarkan selama satu atau dua minggu hingga menjadi pupuk cair yang kaya akan nutrisi. Berbeda dengan pupuk bubuk atau padat, pupuk cair ini akan masuk ke dalam akar dan dengan cepat membantu pertumbuhan tanaman.

Selain itu, Anda juga bisa meletakkan kulit pisang di dalam kompos.

Namun yang harus diperhatikan adalah terkadang buah pisang disemprot dengan pestisida sehingga Anda harus memilih pisang organik untuk menghindari hal tersebut.

 

Sumber: Kompas.com

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.