KPU Muba Terima Berkas Pendaftaran Calon Independen

KPU Verfikasi berkas Amiri Aripin

Sekayu, Sumselupdate.com – Pasangan calon independen Amiri Arifin – Ahmad Toha Selasa siang (9/8) mendatangi gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) Muba. Keduanya datang untuk menyerahkan syarat dukungan pasangan calon (Paslon) perorangan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Muba 2017 mendatang.

Dari pantauan di lapangan, pasangan tersebut datang sekitar pukul 11.00 WIB dengan didampingi ribuan masyarakat yang menggunakan bus, mobil pribadi dan motor, serta membawa puluhan boks berisikan bukti dukungan sekitar 38.914 foto copy  kartu tanda penduduk elektornik (E-KTP), foto kartu keluarga, serta surat pernyataan dukungan.

Bacaan Lainnya

Bahkan, akibat banyaknya masyarakat, partisipan, dan relawan yang datang membuat halaman kantor KPU Muba yang berada di Jalan Merdeka membludak, sehingga terjadi kemacetan yang cukup lama di depan kantor KPU Muba.

“Ya, kita terima  pendaftaran dan berkas dukungan AA,” ujar Ketua KPU Muba, H Ahmad Firdaus Marvel.

Dikatakanya, berkas dukungan yang diserahkan calon independen tersebut, terlebih dahulu akan dilakukan pengecekan guna mengetahui apakah jumlah dukungan telah memenuhi persyaratan 8,5% atau 38.914 kartu tanda penduduk elektornik (e-KTP) dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Sekarang petugas kita sedang melakukan pengecekan jumlah dukungan,” ucapnya.

Sambung dia, jika jumlah dukungan dinyatakan sesuai, tahap selanjutnya, akan dilakukan verifikasi di lapangan, dengan penelitian bukti dukungan yang ada dan dilanjutkan dengan pengecekan adminitrasi serta analisis dukungan ganda yang ada.

“Kita (KPU) belum bisa menyatakan pasangan lolos persyaratan atau tidak. Pastinya, kita janjikan penyelenggaran Pilkada yang berintegritas di Kabupaten Muba,” terang dia.

Tak Simpatik
Sementara itu, Bakal Calon Bupati (Balonbup) Muba dari jalur independen, Amiri Arifin enggan berkomentar banyak saat hendak dimintai keterangan oleh para wartawan. Bahkan sang pengusaha tersebut langsung mengeluarkan kata-kata kasar kepada wartawan tanpa alasan yang jelas. “Sudahlah kamu media nih, capek bae ngomong. Masuk idak,” kata dia dengan nada yang tinggi.

Juru warta kemudian memilih untuk meminta keterangan kepada Balonwabup jalur independen, A Toha.

“Kita bertekad maju demi memperbaiki Kabupaten Muba yang lebih maju dan sejahtera ke depannya. Dukungan ini murni dari rakyat Kabupaten Muba,” terang A Toha.

Dukungan tersebut, kata Toha, diperoleh sejak delapan bulan yang lalu. Di mana foto copy KTP yang diserahkan oleh masyarakat tersebut atas dasar inisiatif sendiri tanpa adanya iming-iming, seperti pemberian uang dan sebagainya.

“Dukungan itu sejak delapan bulan yang lalu dan kita berhasil mendapatkan dukungan,” akunya. (est)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.