Korsleting Listrik, Dua Rumah di Lahat Hangus Dilahap Si Jago Merah

Seorang warga di Gang Swadaya, RT 8, Kelurahan Pagar Agung, Kecamatan Lahat Kota, Kabupaten Lahat berusaha membantu memadamkan kobaran api, Sabtu (30/10/2021) malam.

Laporan: A Putra

Lahat, Sumselupdate.com – Masyarakat Gang Swadaya, RT 8, Kelurahan Pagar Agung, Kecamatan Lahat Kota, Kabupaten Lahat mendadak heboh.

Read More

Pasalnya, dua unit rumah di kawasan tersebut hangus dilahap si jago merah. Diduga kuat pemicu kebakaran ini akibat korsleting listrik, Sabtu (30/10/2021) sekitar pukul 22.30 WIB.

Kasat Pol PP Linmas Damkar Kabupaten Lahat, Fauzan Khoiri mengatakan, dalam menjinakkan si jago merah pihaknya menerjunkan empat unit mobil Damkar dibantu satu armada mobil dari BPBD.

“Dua rumah yang terbakar itu milik Kardi (65), yang bekerja sebagai sopir truk dan rumah milik Ali (Ibu Rus) yang merupakan seorang petani. Kami mendapat laporan pukul 22.30 WIB, dan api dapat dikendalikan dan dilakukan pendinginan satu jam kemudian pada pukul 23:30 WIB,” kata dia, Minggu (31/10/2021).

Kebakaran yang melanda kediaman warga di Gang Swadaya, RT 8, Kelurahan Pagar Agung, Kecamatan Lahat Kota, Kabupaten Lahat, Sabtu (30/10/2021) malam.

Diterangkan Fauzan, menurut keterangan saksi mata di lokasi kejadian, api pertama kali terlihat dari rumah Kardi, kemudian menjalar ke rumah Ali.

“Satu rumah permanen dan satunya lagi semi permanen, keduanya hangus terbakar. Atas kejadian itu, kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Beruntung tidak ada korban jiwa atas kejadian itu,” tutur dia.

Fauzan mengatakan, pihaknya belum mengetahui secara pasti penyebab kebakaran. Namun diduga kuat akibat arus pendek listrik.

“Sebagian besar penyebab kebakaran rumah berasal dari korsleting listrik, namun ada juga yang berasal dari kompor gas dan membakar sampah. Kendati demikian, marilah selalu waspada, pastikan keadaan jaringan listrik rumah tangga masih layak guna, kapan perlu dilakukan pengecekan dan pergantian berkala, dan apabila meninggalkan rumah, pastikan semuanya dalam kondisi aman,” pungkasnya. (**).

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.