Konten Hoax Beras SPHP Plastik, Yongki Dipanggil Polda Sumsel

Penulis: - Jumat, 27 Oktober 2023
Yongki Predika (26) pria asal Dusun III Desa Sugihwaras Barat, harus berurusan dengan polisi.

Palembang, Sumselupdate.com – Yongki Predika (26) pria asal Dusun III Desa Sugihwaras Barat Kecamatan Rambang Kabupaten Muaraenim, ini dipanggil polisi usai menyebarkan konten video diduga beras plastik Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP).

Konten beras plastik itu dibuat dikampungnya yang diunggah melalui akun tiktok pribadinya @ndika1505 pada, Sabtu (16/9/2023).

Bacaan Lainnya

Usai viral, Yongkipun menjadi buruan netizen termasuk pihak kepolisian yang langsung jemput bola dengan mendatangi TKP dibuatnya video tersebut yang tak lain di kampung halaman Yongki.

Yongki juga dipanggil oleh pihak kepolisian, dalam hal ini penyidik Subdit 1 Tipid Indagsi Ditreskrimsus Polda Sumsel guna dimintakan klarifikasinya.

Sesudahnya, Yongki pun dengan kesadaran sendiri akhirnya menyampaikan permohonan maaf secara terbuka.

“Saya menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat Indonesia. Utamanya masyarakat di Sumsel dan Kota Palembang, khususnya kepada Badan Ketahanan Pangan dan Bulog karena video yang saya sebar melalui akun Tiktok itu tidak benar. Saya berjanji tidak akan mengulangi kesalahan yang sama,” ucap Yongki yang menyampaikan kata permohonan maafnya usai menjalani pemeriksaan oleh penyidik Subdit 1 Tipid Indagsi Ditreskrimsus Polda Sumsel, Jum’at (27/10/2023) siang.

Baca juga : Penculikan di Empat Lawang Hoax, Kapolsek Paiker Minta Warga Jangan Panik

Sementara itu, atas telah disampaikannya permohonan maaf ini penyidik Subdit Indagsi yang telah melakukan penyidikan.

Sementara itu, Kasubdit 1 Tipid Indagsi Ditreskrimsus Polda Sumsel, AKBP Bagus Suryo Wibowo,SIK,MH menyebut pihaknya sebatas meminta klarifikasi terhadap pemilik akun tiktok yang menyebar berita hoax terkait beras plastik SPHP.

“Kami juga telah melakukan pemeriksaan langsung ke TKP dan memang terbukti tidak ada yang dikatakan sebagai beras plastik tersebut,” ungkap Bagus didampingi Panit 2 Subdit 1 Tipid Indagsi, Iptu Anita,SH, Jum’at (27/10) siang.

Baca juga : Mantan Wapres Try Sutrisno Meninggal Hoax

Bahkan, bagus juga memastikan bahwa beras yang ada di Video milik Yongki itu beras asli dimana Personil Polsek Rambang Polres Muara Enim telah melaksanakan  pengujian dan klarifikasi terkait diduga adanya beras plastik ukuran lima kilogram merek SPHP.

Beras yang diduga bahan plastik tersebut  dibeli satu minggu yang lalu oleh ibu kandung Yongki bernama Erniwana dari salah satu warung di desa tersebut.

“Dari hasil pengujian dengan cara dibakar bersamaan dengan beras asli milik Kades Sugih Waras ternyata sama-sama gosong namun tidak meleleh dan ketika dimasak kedua beras itu menjadi nasi seperti pada umumnya,” ucap Bagus.

Setelah menjadi nasi kedua nasi tersebut diuji kembali dgn cara dibakar dgn hasil yang sama yaitu gosong dan tidak meleleh. (**)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.