Komnas HAM Periksa Ferdy Sambo dan Bharada E Secara Terpisah di Mako Brimob

Tersangka penembakan Brigadir J, Ferdy Sambo & Bharada E akan diperiksa Komnas HAM. (Kolase Suara.com)

Jakarta, sumselupdate.com – Dua tersangka penembakan Brigadir J,  yaitu Mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo dan Bharada E  menjalani pemeriksaan oleh Komisi Nasional Hak Asasi Manusia di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok pada Jumat (12/8/2022) pukul 15.00 WIB.

Ketua Komisioner Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik, mengatakan pemeriksan terhadap Ferdy Sambo dan Bharada E dilakukan di ruang terpisah.

Read More

“Enggak (di ruangan yang sama), bedalah,” kata Taufan, dikutif dari suara.com (jaringan nasional sumselupdate.com.

Pada pemeriksaannya Komnas HAM akan menggali semua keterangan terkait kematian Brigadir J kepada Ferdy Sambo dan Bharada E. Keterangan mereka nantinya bakal disandingkan satu dengan yang lain dari sejumlah data dan informasi yang diperoleh Komnas HAM.

“Semuanya (kami tanyakan),” kata Taufan.

Berdasarkan pantauan Suara.com, pada pemeriksaan akan dihadir tiga petinggi Komnas HAM, yaitu Taufan, Beka Ulung Hapsara dan Choirul Anam, serta para staf mereka. Ketiganya telah berangkat dari kantor Komnas HAM, Menteng, Jakarta Pusat sekitar pukul 14.13 WIB.

Sebelumnya, Taufan merespons permintaan maaf dan pengakuan Ferdy Sambo terkait kematian Brigadir J. Dikatakan hal itu turut didalami saat pemeriksan.

“Nanti itu akan ditanya,” kata Taufan.

Taufan mengatakan dalam penyelidikan lembaganya, semua keterangan yang disampaikan pihak terakit, termasuk Ferdy Sambo bakal diuji kebenarannya.

“Prinsip di dalam penyelidikan itu setiap data, informasi pasti dicross check dulu, bukan diterima begitu saja. Katakan sesuatu, bagi kami itu informasi yang mesti diuji dengan informasi dan data lain. Jadi bohong atau tidak, benar atau tidak mesti lewat suatu pengujian,” ucap Taufan.

Dikatakan, sejak awal penyelidikan Komnas HAM pada kasus ini, telah menaruh kecurigaan.

“Kan dari awal sudah kelihatan tidak sinkron antara satu keterangan dengan keterangan lain,” ujar Taufan. (sur)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.