Komisi VIII DPR: Sebaiknya Pemerintah Lakukan Diplomasi Tingkat Tinggi

Anggota Komisi VIII Hidayat Nur Wahid.

Jakarta, Sumselupdate.com – Anggota Komisi VIII Hidayat Nur Wahid, mengatakan, anggota dewan yang membidangi urusan pemberangkatan haji telah berkali- kali mengusulkan kepada pemerintah untuk melobi pemerintah Arab Saudi, Raja Salman untuk memberi kesempatan kepada Indonesia untuk memberangkatkan calon jamaah haji.

Karena pengambil keputusan soal kuota haji ke Arab Saudi sangat tergantung kepada Raja Arab Saudi.

Read More

“Saya kira pemerintah Indonesia harus melakukan diplomasi tingkat tinggi. Jika Presiden Jokowi langsung menghubungi Raja Salman, saya kira bisa,” ujar Hidayat di Jakarta, Kamis (30/9/2021).

Anggota Komisi IX. Rahmad Handoyo, menjelaskan, pihaknya mendukung penuh Komisi VIII yang berusaha agar niat ibadah warga Indonesia ke tanah Suci bisa dilaksanakan.

“Saya akui tingkat keseriusan negara  untuk mengawal umat kita sampai ke umrah maupun haji sangat luar biasa, “kata Handoyo.

Menurut Handoyo, berbagai upaya telah dilakukan agar warga Indonesia bisa menunaikan ibadah haji, hanya saja kita harus menghargai peraturan yang berlaku di Arab Saudi mengingat masih adanya kasus pandemi Covid-19.

“Menteri Kesehatan,  dan Menteri Luar Negeri sudah melakukan lobi agar sinovac segera mendapatkan pengakuan dari WHO, begitu mendapatkan  sertifikat atau legalisasi dari WHO, keputusan dari kerajaan arab saudi  juga berubah. Saya memahami apa yang dilakukan Arab Saudi dalam rangka melindungi warga negaranya,” paparnya. (duk)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.