Komisi V DPR Desak Angkasa Pura II Rampungkan Revitalisasi Terminal 1C Soetta

Penulis: - Senin, 8 April 2024
Anggota Komisi V DPR RI, Sudewo.

Tangerang, sumselupdate.com –  Anggota Komisi V DPR RI, Sudewo mendesak PT Angkasa Pura II dan seluruh pemangku kepentingan di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) untuk segera merampungkan proses revitalisasi, khususnya bagi terminal 1C.

Menurut Sudewo, pekerjaan tersebut tidak harus melibatkan teknis tinggi seperti membangun jembatan, maka sudah semestinya  dirampungkan.

“Revitalisasi di terminal 1C  mengapa bertahun-tahun tidak segera diselesaikan? Padahal itu  pekerjaan teknis yang sederhana bukan menuntut teknologi tinggi atau sumber daya manusia yang tinggi. Harusnya segera diselesaikan,” ujar Sudewo  usai rapat Kunjungan Kerja Komisi V DPR RI terkait persiapan penanganan arus mudik dan arus balik di Tangerang, Banten, Jumat (5/4/2024).

Politisi Fraksi Partai Gerindra itu mengatakan, operasional terminal tersebut dibutuhkan terutama saat meningkatnya jumlah penumpang  arus mudik dan arus balik Lebaran 2024.

“Ada peningkatan jumlah penumpang di Bandara Soekarno-Hatta ke daerah-daerah. Inilah yang penting bagi Dirjen (Perhubungan) Udara, Angkasa Pura I, Angkasa Pura II dan semua untuk meningkatkan pelayanan supaya penumpang bisa terlayani dengan baik dan tidak ada penumpukan,” katanya.

Baca juga : Anggota Komisi V DPR RI: Rest Area Tol Jadi Buffer Zone Pelabuhan Merak Harus Representatif

Jadi, kata dia, jangan sampai ada pekerjaan fisik, proyek yang berlarut-larut. Soalnya,  menyelesaikan pekerjaan tersebut sangat sederhana.

Dikatakan, dalam rapat tersebut Sudewo telah menekankan agar revitalisasi terminal  sudah rampung  akhir 2024.

Dijelaskan,  Bandara Soekarno-Hatta merupakan wajah Indonesia di mata dunia yang ikut menjaga kewibawaan tanah air.

“Ini tadi sudah saya tekankan supaya sampai akhir 2024  sudah selesai. Terlebih bandara Soekarno hatta ini merupakan wajah indonesia di mata dunia. Jadi, jangan sampai ada pekerjaan fisik, proyek yang berlarut-larut dikira kita tidak punya kemampuan menyelesaikan pekerjaan yang sederhana ini. Bandara juga menjaga kewibawaan dan martabat Indonesia,”  tuturnya.

Baca juga : Wakil Ketua BURT DPR RI Rekomendasikan RS Colombia Jadi Rujukan Peserta Jamkestama

Sebagai informasi, PT Angkasa Pura II telah melakukan penutupan Terminal 1C Bandara Soekarno Hatta untuk proses revitalisasi sejak 2019. Pengembangan Terminal 1 akan dilakukan secara bertahap dimulai dari Terminal 1C dan akan menyusul kemudian terminal 1B dan terminal 1A.

Usai revitalisasi, terminal yang pertama kali dioperasikan pada tahun 1985 ini ditargetkan akan memiliki kapasitas 18 Juta penumpang, dua kali lipat dari sebelumnya sekitar 9 Juta penumpang per tahun. (duk)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.