Komisi II DPR Minta KPU Segera Tentukan Jadwal Pemilu

Jakarta, sumselupdate.com
Anggota Komisi II DPR RI Muhammad Rifqinizamy Karsayuda menegaskan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan pemerintah seharusnya sudah menemukan titik temu mengenai jadwal pelaksanaan Pemilu 2024.
Dikatakan, Komisi II DPR RI telah memberikan waktu yang cukup menentukan jadwal Pemilu 2024.
“Sesuai ketentuan dalam Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, kewenangan menetapkan jadwal pemilu hak Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang wajib dikonsultasikan dengan DPR RI dalam hal ini Komisi II DPR RI,” ujar Rifqi di Media Center DPR, Jakarta, Jumat ( 19/11).
Menurut dia, sejak awal Komisi II mengedepankan ketentuan itu dan mendukung penuh jadwal yang telah disusun KPU, 21 Februari 2024 atau sebelum bulan Ramadan 2024.
Namun, kata dia, ada beberapa alasan yang perlu diperhatikan terhadap pelaksanaan pemilu agar tidak ditetapkan Ramadan 2024.
Pihaknya ingin jeda waktu antara pemilihan legislatif dengan kepala daerah cukup untuk menyelesaikan berbagai macam dinamika.
Selain itu, perlu waktu yang cukup terkait pelaksanaan pemilihan presiden dengan akhir masa jabatan presiden. Sebab, tidak adanya jaminan mengenai kontestan Pilpres tahun 2004.
“Tidak ada jaminan kontestan pada PIlpres tahun 2024 hanya 2 kontestan. Sangat memungkinkan lebih dari 2 kontestan. Karena pemenang pilpres itu setidaknya memperoleh suara 50 persen plus satu,” paparnya.
Pakar Komunikasi Politik Emrus Sihombing mengatakan, belum ditetapkannya penentuan tanggal pencoblosan Pemilu bisa jadi masih mengkalkulasi keuntungan. “Penentuan hari pencoblosan bisa menguntungkan kandidat dari partai tertentu, sehingga Parpol atau elit politik mengkaji betul kapan saatnya yang tepat untuk hari pencoblosan dan menguntungkan partainya, “tegas Emrus.
Diakui, para politisi sangat pintar bermain kata-kata dan seringkali apa yang dibicarakan tidak sesuai dengan keinginan sesungguhnya.duk

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.