Ketua DPR RI Dorong Adanya Regenerasi Pembatik

Penulis: - Minggu, 4 Februari 2024
Ketua DPR Puan Maharani.

Jakarta, Sumselupdate.com — Ketua DPR RI Dr. (H.C) Puan Maharani bersama sejumlah Anggota DPR meninjau galeri batik Hadi Priyanto di Banyumas, Jawa Tengah. Batik Hadi Priyanto merupakan salah satu batik bersejarah karena sudah berdiri sejak tahun 1957.

“Batik adalah ikon Indonesia, sudah menjadi warisan budaya tak benda UNESCO,” ujar Puan saat meninjau proses pembatikan yang dilakukan para pembatik di Rumah Batik Hadi Priyanto, Banyumas, Jumat (1/2/2024).

Dalam rilis yang diterima, Sabtu (2/2/2024), Puan terkesan dengan Rumah Batik Hadi Priyanto yang memiliki mesin pintal untuk membuat bahan kain batik dengan 3.600 benang yang dikelola oleh keturunan ke-3 dan memiliki 30 pegawai.

“Keunikan batik tiap daerah perlu diangkat reputasinya secara setara, agar semua bisa terkenal bersamaan,” tegas Mantan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Menko PMK) itu.

Advertisements

Tidak hanya dengan canting, proses pembuatan batik Hadi Priyanto juga ada dicetak dan digambar.

Memiliki ciri khas motif warna cerah, batik Banyumasan di galeri tersebut membutuhkan proses waktu sekitar dua minggu untuk setiap helai kain.

Puan mendorong agar ada regenerasi untuk para pembatik. Dengan begitu, budaya lama Indonesia tidak akan terkikis zaman. “Perlu diperhatikan regenerasi dari para pengrajin batik agar karya budaya ini dapat terus dilestarikan,” tutur Puan. (duk)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.