Kertapati Jadi Lahan Persawahan Andalan Palembang

Petani padi sedang menanam disawah.

Palembang, sumselupdate.com – Meskipun merupakan kota metropolitan dengan maraknya pembangunan, namun Kota Palembang masih mempertahankan ribuan hektar sawah.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palembang Sayuti mengatakan, Kecamatan Kertapati  merupakan kecamatan dengan lahan pertanian paling luas dibandingkan dengan kecamatan yang lain.

Bacaan Lainnya

“Dari 18 Kecamatan yang ada, hanya 12 kecamatan yang memiliki lahan pertanian seperti Gandus, Kalidoni, hingga Sematang Borang,” katanya.

Sayuti mengatakan, Kota Palembang memaksimalkan lahan pertanian yang ada. Dimana tercatat luas persawahan 3.409 hektar.

“Diantaranya yang paling luas di Kertapati, kita maksimalkan melakukan tanam padi dengan pola intensifikasi sehingga tidak ada alih fungsi lahan yang dapat merugikan petani,” katanya.

Sayuti mengatakan, melihat geografis persawahan Palembang sebagian besar rawa-rawa, maka pola tanam pun disesuaikan.

“Dengan pola tanam padi di sawah Lebak, menyesuaikan dengan pasang surut air agar produktivitas petani tetap tinggi,” katanya.

Petani sawah Palembang telah melakukan musim tanam (MT) pada April 2022 dan telah panen pada Juli 2022 atau sudah dua kali panen hampir seluas 500 hektare.

“Tingkat produktifitas sawah di Palembang cukup baik dan tergantung cuaca. Kalau musim hujan hasilnya kurang bagus karena sawah petani merupakan rawa lebak,” katanya. (Iya)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.