Kemenag OKU Selatan Perbolehkan Shalat Tarawih dan Id Berjamaah Pada Masa Pandemi

Kepala Kemenag OKU Selatan H Syarif, SAg, MPdI.

Laporan: Alpian Patria Jaya

Muaradua, Sumselupdate.com – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten OKU Selatan mengizinkan pelaksanaan shalat tarawih dan shalat Idul Fitri 1442 Hijriah secara berjamaah pada masa pandemi Covid-19 dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Bacaan Lainnya

Namun pelaksanaan shalat tarawih dan shalat Idul Fitri dibatasi separuh dari total kapasitas tempat yang digunakan serta jarak minimal satu meter dan membawa sajadah/mukena masing-masing.

Aturan tersebut tertuang dalam dalam Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2021 yang diterbitkan pada 6 April 2021.

“Shalat tarawih dan Idul Fitri 1 Syawal 1442 H/2021 M dapat dilaksanakan di masjid atau di lapangan terbuka, dengan memerhatikan protokol kesehatan secara ketat, kecuali jika perkembangan Covid-19 mengalami peningkatan berdasarkan pengumuman Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 untuk seluruh wilayah di daerahnya masing-masing,” kata Kepala Kemenag OKU Selatan H Syarif, SAg, MPdI yang disampaikan oleh Kasi Bimas Islam Dapik Purnayuda membacakan surat edaran yang ditandatangani Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumasdi di ruang kerjanya, Jumat (9/4/2021).

Begitu pun dengan kegiatan kegiatan lain seperti shalat fardu, tadarus Alquran, buka bersama, peringatan hari besar lain seperti nuzulul Quran yang juga harus memerhatikan protokol kesehatan dalam pelaksanaannya.

“Hal ini kita serukan sebagai panduan beribadah yang sejalan dengan protokol kesehatan sekaligus mencegah, mengurangi penyebaran dan melindungi pegawai serta masyarakat Kabupaten OKU Selatan dari resiko Covid-19,” tambah Dapik.

Selain itu Dapik mengatakan, agar para mubaligh/penceramah agama diharapkan berperan memperkuat nilai nilai keimanan, ketakwaan, akhlaqul karimah, kemaslahatan umat, dan nilai nilai kebangsaan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui bahasa dakwah yang tepat dan bijak sesuai tuntunan Alquran dan As Sunnah,” ujarnya. (**)

PDIP

PKB

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.