Keluarga Jadi Madrasah Pertama Dalam Antisipasi Bahaya Penggunaan Internet

Peserta webinar Literasi Digital

PALI, Sumselupdate.com — Dalam menghadapi era digitalisasi seperti sekarang, keluarga menjadi pihak yang dianggap cukup mampu untuk mengantisipasi bahaya penggunaan internet.

Untuk menjawab problema tersebut, Tim Siberkreasi Kabupaten PALI, kembali menggelar webinar Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) 2021 kabupaten PALI, dengan mengusung tema Kenali Upaya Melindungi Anak Di Ranah Daring.

Read More

Webinar yang merupakan program kerja dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) itu, digelar secara daring dengan menggunakan aplikasi zoom meeting, Kamis (7/10/2021).

Tampak sejumlah narasumber ikut membagi ilmunya dalam webinar, diantaranya Sulastry Pardede, M.Psi., Psikolog Klinis, Komang Aryasa, S.Kom., M.T., Dosen dan Praktisi, Tomas Ronsen, ST., Kepala SMK Bina Bhakti Abab, dan Samsudin, S.Pd., Kepala SMP Negeri 7 Talang Ubi.

Selain itu, tampak H. Herman Deru, Gubernur Sumsel, juga didapuk sebagai Keynote Speech dan Rezy, founder @pejuang30dwc sebagai Key Opinion Leader.

Tidak hanya narasumber yang begitu antusias dalam mengikuti webinar, para peserta yang kebanyakan dari kalangan pelajar pun turut antusias menyimak dan mengikuti materi yang disampaikan oleh narasumber.

Suparman, runner tim siberkreasi dari GNLD 2021 Kabupaten PALI, menerangkan bahwa dalam dunia digital seperti sekarang, diperlukan filterisasi terhadap penggunaan internet oleh anak-anak.

“Dan yang paling tepat, sebagai filter tersebut adalah keluarga. Untuk itu, pada kesempatan kali ini, webinar di titik beratkan tentang bagaimana peran orang tua, sebagai madrasah pertama bagi anak-anak, sehingga bisa mengontrol penggunaan internet oleh anak-anak,” kata Suparman.

Suparman berharap, webinar yang digelarnya selama ini bisa bermanfaat untuk masyarakat PALI, sehingga warga PALI, makin cakap digital, makin paham mengenai dunia digital dan makin melek terhadap digital.

“Semoga bermanfaat untuk masyarakat PALI, secara umum dan peserta secara khusus,” pungkasnya.

Sementara itu, Indah Lestari, salahsatu peserta dari webinar mengaku sangat bangga bisa menjadi bagian dari webinar GNLD 2021.

“Alhamdulillah, ilmu yang disampaikan sangat bermanfaat, karena kami dikasih tahu mengenai batasan-batasan serta penggunaan internet yang positif,” ujarnya. (adj)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.