Kejahatan Terhadap Anak Ditetapkan Sebagai Kejahatan Luar Biasa

Rabu, 3 Februari 2016
Arist Merdeka Sirait

Jakarta, Sumselupdate.com

Presiden Jokowi setuju untuk menetapkan kejahatan terhadap anak sebagai kejahatan luar biasa, setara dengan kejahatan narkoba, korupsi dan teroris. Sebagai tindaklanjutnya, ini akan ditetapkan dalam Perppu.

Hal tersebut disampaikan Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA), Arist Merdeka Sirait, usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (3/2/2016), yang membahas tentang langkah-langkah konkret pemerintah dalam mengatasi kekerasan terhadap anak.

Menurut Arist Merdeka, dalam kesempatan itu Presiden meminta berbagai masukan terkait rencana pemerintah menerbitkan Peraturan Presiden (PP) tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Pendidikan serta Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) yang mengatur tentang hukuman pengebirian bagi pelaku kejahatan seksual terhadap anak.

“Beliau (Presiden) setuju itu dimasukkan ke dalam Perppu pemberatan hukuman tentang kebiri dengan suntik kimia. Jadi nanti penetapan extra ordinary crime terhadap peristiwa-peristiwa perampasan kemerdekaan anak dan penghilangan paksa untuk anak yang diawali dengan kekerasan seksual itu masuk kedalam Perppu extra ordinary crime,” kata Arist Merdeka.

Ditambahkan Arist Merdeka, dalam pertemuan ini Presiden yang didampingi oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise dan Kepala Staf Presiden Teten Masduki juga telah menyetujui bahwa di setiap Kecamatan perlu dibentuk tim reaksi cepat perlindungan anak yang melibatkan Ketua RT/RW, Lurah, Karang Taruna, Ibu-ibu PKK,Ibu-ibu Pengajian dan Hansip. “Kita usulkan Rp 3-5 miliar per tahun, supaya teman-teman perlindungan anak itu bisa bergerak cepat,” paparnya.

Di sela pertemuan, Komnas PA juga menyampaikan undangan kepada Presiden Jokowi untuk menghadiri pertemuan seribu anak dari seluruh Indonesia dalam rangka Kongres Anak, yang akan diselenggarakan di Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Mei mendatang. (shn)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.