Keberhasilan Normalisasi Retensi dan Sungai Sekanak Ditentukan Warga Palembang

Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda meninjau meninjau kolam retensi.

Palembang, Sumselupdate.com – Upaya normalisasi kolam retensi dan aliran Sungai Sekanak, dinilai Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda tidak akan berhasil jika tidak ada partisipasi dari masyarakat. Sebab, anggaran miliaran rupiah digelontorkan untuk pengerjaan ini.

Wakil Walikota Palembang Fitrianti Agustinda mengatakan, normalisasi Kolam Retensi Demang Lebar Daun/samping RSI Siti Khodijah dalam proses pengerjaan.

Bacaan Lainnya

“Ini nanti akan dikeruk baik di kolam retensi dan aliran sungainya. Kami harap masyarakat tolong bantu untuk diawasi jangan ada yang buang sampah sembarangan,” katanya usai meninjau kolam retensi, Jumat (25/6/2021).

Ia mengatakan, anggaran untuk pelaksanaan normalisasi ini termasuk dalam penataan sepadan sungai berdekatan dengan kolam retensi telah disiapkan Rp1 miliar.

“Total untuk panjang pengerjaan normalisasi mencapai 1,2 kilometer di tahun ini mulai dari sini sampai ke Puncak Sekuning dan memang sudah cukup lama tidak dilakukan normalisasi,” katanya.

Fitri mengatakan, masyarakat sekitar nantinya jika pengerjaan ini dimulai ikut berpartisipasi dalam hal pengawasan. Memperhatikan lingkungan sekitar agar normalisasi yang telah dilakukan bisa optimal.

“Hal itu agar kolam retensi ini bisa berfungsi dengan baik menampung debit air ketika hujan deras. Air pun bisa mengalir lancar ke Sungai Sekanak,” katanya.

Di sisi lain, Pemerintah Kota Palembang, juga akan berkoordinasi dengan pihak RS Siti Khadijah agar kedepannya juga lebih memperhatikan kondisi lingkungannya. Mengingat, di dekatnya terdapat aliran sungai yang merupakan bagian dari Sungai Sekanak.

“Harusnya kalau sesuai aturan 4-5 meter dari sepadan sungai itu adalah batas yang boleh dilakukan pembangunan. Kami akan coba cek dan dilakukan kembali pemetaan batas-batas dari RS Siti Khadijah,” katanya. (Iya)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.