Kasus PHK Dongkrak Klaim JHT Naik Hingga 50 Persen

Ilustrasi BPJS Ketenagakerjaan

Palembang, Sumselupdate.com-Wabah pandemi Covid-19 sangat berdampak terhadap sektor ekonomi yang berujung pada sejumlah badan usaha melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap pekerja.

Permasalahan ini membuat klaim Jaminan Hari Tua (JHT) yang dikelola BPJS Ketenagakerjaan pun melonjak.
Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Palembang Zain Setyadi mengatakan, dunia usaha menjadi salah satu sektor yang paling terdampak Covid-19, sebab tak sedikit dari pemberi kerja yang terpaksa melakukan PHK tenaga kerjanya. Sehingga, selama pandemi ini terjadi lonjakan pengajuan klaim JHT sebesar 50 persen.

“Lonjakan ini sejak ada pandemi. Rata-rata normal satu hari 120 kasus untuk JHT di luar manfaat jaminan lainnya. Tapi saat pandemi sehari bisa 170 kasus yang kita tangani,” katanya, Selasa (21/7/2020).

Ia mengatakan, selama pandemi pekerja dari sektor perhotelan, rumah makan, hiburan, mal, dan transportasi yang merasakan dampak pandemi sehingga mengajukan pencairan klaim pasca di PHK.
“PHK memang macam-macam dari sektor mana saja, tapi dominan dari sektor itu,” katanya.

BPJS Ketenagakerjaan telah siap untuk menghadapi gelombang PHK di tengah pandemi ini. Pihaknya telah menyediakan berbagai kanal klaim yang dapat digunakan oleh peserta melalui protokol Layanan Tanpa Kontak Fisik (LAPAK ASIK), yang terdiri dari kanal online, offline dan kolektif.

“Protokol LAPAK ASIK yang telah diperkenalkan sejak bulan Maret lalu melalui kanal online antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id terus mendapatkan respon positif dari peserta maupun para pemangku kepentingan,” katanya. (Iya)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.