Jungkalkan Napoli, Barcelona Lolos ke Perempat Final Liga Champions 2023/2024

Penulis: - Rabu, 13 Maret 2024
Striker Barcelona, Robert Lewandowski merayakan golnya ke gawang Napoli pada laga 16 besar Liga Champions di Stadion Olimpic Lluis Companys di Barcelona, Spanyol, Rabu (13/3/2024) dini hari WIB. [LLUIS GENE / AFP]

Jakarta, Sumselupdate.com – Barcelona memastikan diri lolos ke perempat final Liga Champions 2023/2024 setelah menjungkalkan tamunya Napoli dengan skor 3-1, pada leg kedua babak 16 besar di Stadion Olympic Lluis Company, Barcelona yang rampung Rabu (13/3/2024) pagi WIB.

Kemenangan tersebut membuat Barcelona memiliki keunggulan agregat 4-2, setelah kedua tim bermain imbang 1-1 pada leg pertama lalu di Italia.

Bacaan Lainnya

Napoli mengambil inisiatif serangan terlebih dahulu dan mendapatkan peluang pertama melalui pergerakan cepat Victor Osimhen yang menyusup ke barisan pertahanan Barcelona, untuk melepaskan tembakan yang masih dapat ditahan kiper Marc-Andre ter Stegen.

Barcelona memecah kebuntuan pada menit ke-15. Fermin Lopez yang menerima umpan tarik dari Robert Lewandowski, berhasil menyelesaikan peluang itu dengan melepaskan sepakan keras ke sudut kanan gawang Alex Meret.

Skor 1-0 hanya bertahan selama dua menit. Memasuki menit ke-17, Joao Cancelo menggandakan keunggulan tuan rumah, ketika Raphinha masuk ke kotak penalti Napoli untuk melepaskan sepakan yang membentur tiang gawang, bola pantul kemudian disambar Cancelo masuk ke gawang tim tamu.

Napoli kemudian mampu memperkecil ketertinggalan pada menit ke-30. Matteo Politano mengirim assist yang diselesaikan dengan sepakan mendatar kaki kiri Amir Rrahmani menembus gawang yang dikawal Ter Stegen. 2-1 untuk keunggulan Barcelona.

Setelah berhasil memperkecil ketertinggalan itu, Napoli semakin bersemangat keluar menyerang. Peluang bagus mereka dapatkan tidak lama berselang dari umpan Mario Rui untuk disambut tandukan Giovanni Di Lorenzo, kiper Ter Stegen mesti bekerja keras untuk menggagalkan sundulan tersebut.

Menjelang turun minum, Barcelona banyak melancarkan tekanan terhadap tamunya. Namun pertahanan rapat Napoli mencegah gawang Alex Meret kemasukan lebih banyak, dan babak pertama pun ditutup dengan keunggulan 2-1 untuk tuan rumah.

Kedua tim saling bergantian menyerang pada awal babak kedua. Khvicha Kvaratskhelia melepaskan tembakan jarak jauh yang melebar, sedangkan tembakan keras Raphinha dapat diblok kiper Alex Meret.

Dari satu situasi tendangan sudut, Barcelona sempat mencetak gol dengan memanfaatkan kemelut di mulut gawang lawan. Namun gol yang dicetak Lamine Yamal tersebut tidak disahkan karena offside.

Setelah itu dua kali Alex Meret mencegah gawangnya kemasukan lebih banyak. Dalam durasi singkat, sang kiper menahan tembakan Ilkay Guendogan dari luar kotak penalti setelah itu ia memblok tembakan Raphinha.

Napoli memiliki peluang bagus untuk menyamakan kedudukan. Pemain pengganti Mathias Oliveira mengirim umpan silang melengkung, bola berhasil disundul Jesper Lindstrom yang tidak terkawal, namun sundulannya masih melebar.

Menjelang laga usai, atau tepatnya pada menit ke-83, Robert Lewandowski mengakhiri perjuangan Napoli.

Melalui kerja sama apik, Barca berhasil membongkar pertahanan Napoli, dan mengakhirinya dengan umpan Sergi Roberto untuk dengan mudah dilesakkan Lewandowski. Gol itu sekaligus menjadi gol penutup pada laga tersebut.

Bagi Barcelona, ini merupakan kali pertama klub raksasa Spanyol itu menembus babak delapan besar Liga Champions, setelah terakhir kali melakukannya pada musim 2019/2020 silam.

Sementara bagi pelatih Xavi Hernandez, ini merupakan pencapaian terbaiknya bersama Barca di Liga Champions, setelah pada dua musim sebelumnya Blaugrana selalu terhenti di fase grup bersama pelatih berusia 44 tahun itu. (**)

Susunan Pemain:

Barcelona XI: Marc-Andre ter Stegen, Jules Kounde, Ronald Araujo, Pau Cubarsi, Joao Cancelo, Fermin Lopez, Andreas Christensen, Ilkay Guendogan, Lamine Yamal, Robert Lewandowski, Raphinha.

Pelatih: Xavi Hernandez (Spanyol)

Napoli XI: Alex Meret, Giovanni Di Lorenzo, Amir Rrahmani, Juan Jesus, Mario Rui, Andre Zambo Anhuissa, Stanislav Lobotka, Hamed Traore, Matteo Politano, Victor Osimhen, Khvicha Kvaratskheli.

Pelatih: Francesco Caizona (Italia)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.