Jokowi: Idul Fitri Tahun Ini Kita Masih Harus Bersabar dan Menahan Diri Halaman

Jakarta, Sumselupdate.com – Presiden Joko Widodo mengatakan, Idul Fitri 1442 Hijriah atau pada 2021 ini merupakan tahun kedua yang dirayakan di tengah situasi pandemi Covid-19.

Presiden meminta masyarakat untuk tetap bersabar dan menahan diri karena belum dapat bersilaturahmi secara langsung dengan sanak saudara.

Bacaan Lainnya

“Idul Fitri tahun ini kita masih harus berhadapan dengan pandemi Covid-19. Kita juga masih harus bersabar dan menahan diri karena tidak bisa bersilaturahmi secara langsung secara tatap muka dengan keluarga dan handai taulan,” ujar Jokowi, dalam tayangan video di YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (12/5/2021), seperti dilanair Kompascom.

“Memang hal itu sangatlah berat. Tetapi kita tidak punya pilihan. Kita harus mengutamakan kesehatan, dan keselamatan kita semua. Ya, kita semua,” tambah Jokowi.

Dengan menahan diri, Presiden berharap bangsa Indonesia sesegera mungkin dapat terbebas dari pandemi.

Kepala negara juga menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri 1442 Hijriah.

Ucapan tersebut disampaikannya bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

“Dari Istana Kepresidenan Bogor, saya mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah. Mohon maaf lahir dan batin,” kata Jokowi.

“Semoga di hari kemenangan ini menjadi momentum bagi kita semua bangsa Indonesia untuk bangkit dan menang melawan pandemi Covid-19,” lanjut dia.

Ucapan Presiden tersebut disambung oleh Iriana Joko Widodo yang juga menyampaikan ucapan senada.

“Saya juga mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri mohon maaf lahir dan batin,” kata Iriana.

Sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengatakan, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo rencananya akan melakukan shalat Idul Fitri 1442 Hijriah di Istana Kepresidenan Bogor pada Kamis (13/5/2021).

Heru menuturkan, ibadah tersebut akan dijalankan presiden dengan keluarga dekat.

“Presiden rencananya shalat Id di Istana Bogor, dengan Ibu Negara dan keluarga. Pukul 07.00 WIB,” ujar Heru, saat dikonfirmasi Kompas.com, Rabu (12/5/2021).

Sebagaimana diketahui, sidang Isbat Kementerian Agama memutuskan Hari Raya Idul Fitri 1442 H jatuh pada Kamis (13/5/2021).

Umat Islam dapat melaksanakan Shalat Idul Fitri atau Shalat Id meskipun masih dalam masa pandemi Covid-19.

Namun, shalat Idul Fitri hanya dapat dilaksanakan di daerah dengan status zona kuning dan zona hijau.(kpc)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.