Jerambah Besi Dilaunching Jadi Desa Budidaya Tanaman Anggur

Wabup PALI saat menanam tanaman anggur di pekarangan rumah warga di desa persiapan Jerambah Besi

PALI, Sumselupdate.com — Wakil Bupati PALI, Drs. H. Soemarjono launching perdana Budidaya Tanaman Anggur, di Desa persiapan Jerambah Besi, kecamatan Talang Ubi, Rabu (1/12/2021).

Selain memberikan bibit buah anggur ke masyarakat desa Jerambah Besi, Wabup PALI, juga turut melakukan penanaman perdana buah anggur di pekarangan rumah warga setempat.

Read More

Dalam keterangannya, Wabup meminta kepada masyarakat khususnya desa persiapan Jerambah Besi, untuk benar-benar melakukan budidaya tanaman anggur, sehingga desa persiapan Jerambah Besi, layak mendapat predikat kampung anggur.

“Tentu, kalau memang ingin disebut kampung anggur, paling tidak separuh warganya sudah melakukan budidaya tanaman anggur. Tapi, sebagai awal untuk mempromosikan tidak ada salahnya. Agar, bisa menjadi motivasi bagi warga yang lain untuk memulai budidaya tanaman anggur,” terang Wabup PALI.

Ia juga menegaskan agar setelah dilakukan launching, tiga bulan kemudian akan kembali lagi untuk melihat sekaligus meninjau langsung perkembangan budidaya tanaman anggur.

“Syukur-syukur bisa membawa oleh-oleh hasil dari tanaman anggur. Namun, paling tidak kami sangat berharap, tidak hanya launching kemudian programnya menghilang, atau jangan sampai hanya ceremonial saja. Perlu aksi nyata dan berkelanjutan sehingga bisa meningkatkan perekonomian bagi warga,” tutupnya.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pertanian kabupaten PALI, Ahmad Jhoni, sangat mendukung budidaya tanaman anggur. Dijelaskannya, budidaya tanaman anggur sudah dikenalkan ketika Peda KTNA, di Muara Enim beberapa waktu lalu.

“Satu rumah satu tanaman anggur, ini bisa memanfaatkan pekarangan rumah, tidak hanya budidaya, tapi bisa bernilai ekonomis,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Pjs. Kades Jerambah Besi, Suharja menerangkan bahwa budidaya Tanaman Anggur, sebagai lokomotif penyemangat kepada masyarakat. Ini semua, dijelaskan oleh Suharja dimotori oleh Maman Wahari, petani anggur yang sudah membuktikan hasil bertani anggur di Desa Persiapan Jerambah Besi.

“Oleh karena itu, kami mohon bimbingan dan arahan dari Dinas Pertanian. Selain itu, kami juga berharap agar desa persiapan Jerambah Besi, bisa menjadi desa defenitif,” tutupnya.

Hadir dalam launching perdana Budidaya Tanaman Anggur, yaitu Wabup PALI, Kepala Dinas Pertanian, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Camat Talang Ubi, TP PKK kabupaten PALI, Pjs. Kades Jerambah Besi dan Pjs. Kades Dewa Sebane, serta sejumlah tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh adat. (adj)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.