Jelang Ramadhan Harga Kebutuhan Pokok Semakin Tak Terkendali

Sayuran

Palembang, Sumselupdate.com – Harga sembilan bahan pokok yang beredar beberapa pasar di Palembang Sumatera Selatan masih tinggi dan terus merangkak naik meski sebelumnya Presiden Republik Indonesia Joko Widodo telah menginstruksikan agar harga bahan pokok dan daging tidak mengalami kenaikan, tapi nyatanya harga tetap tinggi.

Khusus harga daging sapi masih berkisar di harga Rp. 120.000,- per kilogram dari harga sebelumnya berkisar antar Rp. 90.000,- – Rp. 100.000,- perkilogram, tidak hanya itu kenaikan juga terjadi pada harga ayam potong yang dijual dengan harga Rp. 35.000,- – Rp. 40.000,- perkilogram dari harga sebelumnya sebesar Rp 25.000,-.

Bacaan Lainnya

Terkait hal tersebut kepala Disperindag Sumsel Permana mengatakan, kenaikan khusus daging dan ayam disebabkan stok memang menipis dari kandangnya sejak beberapa hari terakhir, selain itu permintaan dari masyarakat jelang ramadhan terus meningkat hingga 60 persen dari hari biasa.

Menurutnya, ada peningkatan permintaan tak lepas dari banyak kegiatan keagamaan sebagai tradisi yang dilakukan umat muslim sebelum memasuki bulan puasa, kegiatan tersebut biasanya banyak bersentuhan langsung dengan kebutuhan akan daging ayam.

“ Kita bisa saja mematok harga daging sebesar Rp. 80.000,- seperti yang diharapkan bapak Jokowi, tapi ya kuncinya pasokan sapi yang masuk ke pasar tradisional bisa terkendali dengan baik dan pemotongan harus melalui Rumah Pemotongan Hewan (RPH) sebab masih banyak yang illegal sehingga tidak terpantau,” katanya.

Hingga pagi ini, selasa (31/5) dari pantauan, harga kebutuhan lainnya masih terjadi seperti harga bawang merah yang menembus angka Rp. 50.000,- dari sebelumnya dijual dengan hanya Rp. 25.000,- perkilogram, begitupula cabai dari Rp. 15.000,- menjadi Rp. 25.000,- perkilogram dan bawang putih Rp. 50.000,-.

Sementara untuk harga minyak goreng sudah mencapai Rp. 14.000,- dari sebelumnya berkisar Rp. 10.000,-, selain itu harga gula juga mengalami kenaikan hingga Rp. 16.000,- dari sebelumnya hanya Rp. 11.000,- perkilogram.

Kenaikan juga terjadi di sejumlah harga sayur-sayuran. (adi)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.