Jelang Ramadhan Harga Cabai Masih Meroket

Harga cabai di pasar masih sangat tinggi menjelang Ramadhan.

Palembang, Sumselupdate.com – Harga cabai merah dan rawit setan sejak akhir tahun 2020 masih mahal. Terutama di pasar tradisional, perkilogramnya mencapai Rp100.000, bahkan stoknya pun di pasaran tidak banyak.

Harga cabai rawit setan di Pasar Kamboja Kecamatan Ilir Timur I Palembang mencapai Rp100.000 per kilogram (Kg). Harga cabai ini naik dari Rp40.000 /kg.

Bacaan Lainnya

Harga cabai merah justru mengalami penurunanan. Sebab dalam beberapa bulan, cabai sempat melonjak hingga Rp80.000 /kg dan saat ini hanya Rp55.000-60.000 /kg.

Kepala Dinas Perdagangan Palembang, Hardayani mengatakan, saat ini harga cabai mahal, karena belum memasuki masa panen dan menjelang puasa dimana permintaan menjadi meningkat.

“Petani belum panen, sekitar April baru ada panen. Makanya harga mahal dan stok di pasar juga sedikit,” katanya.

Pihaknya juga mulai memantau harga bahan pokok di sejumlah pasar menjelang bulan puasa terutama untuk kenaikan harga komoditi cabai, cabai merah dan cabai rawit.

“Harga naik sesuai dengan hukum pasar, supply and demand jelang puasa, kebutuhan banyak, terus panen tidak terlalu banyak,” katanya.

Sejauh ini Dinas Perdagangan sudah mendata beberapa harga cabai di beberapa pasar Palembang, antara lain di Pasar Plaju, Pasar Jakabaring dan Pasar KM 5. Berdasarkan peninjauan harga cabai merah masih dalam angka normal di kisaran Rp65.000 /kg dan rawit setan Rp100.000 /kg.

Adanya kenaikan harga komoditi cabai merah yang meningkat di pasaran walau disebut masih dalam kisaran harga jual normal. Hardayani sebaiknya masyarakat jangan melakukan penimbunan atau pembelian dalam skala besar.

Karena soal harga cabai, naik dan turun merupakan permintaan pasar dan kebutuhan yang fluktuatif. Berbeda dengan bahan pokok lauk seperti ikan yang memang tetap laku di pasaran dalam kondisi apapun.

Meskipun pandemi Covid-19, penjualan ikan tidak memengaruhi. Kecuali kesediaan panen cabai yang menurun dalam kondisi sekarang.

“Harga satuan ditetapkan untuk cabai, tidak bisa. Karena cabai sesuai permintaan pasar kami pemerintah tidak bisa mengatur untuk menekan kenaikan harga. Makanya konsumen kami sarankan belanja bijak jangan terlalu banyak, terlalu boros dan menimbun, karena harga masih normal,” katanya. (Iya)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.