Inggris vs Denmark, Siapa Unggul? ini Statistiknya

Para pemain Inggris merayakan gol ke gawang Ukraina di laga perempatfinal Euro 2020, Minggu (4/7/2021) dini hari WIB. (Foto: Ettore FERRARI/AFP)

Inggris, Sumselupdate.com — Timnas Inggris akan menghadapi timnas Denmark guna memperebutkan tiket ke final Euro 2020. Berikut statistik pertemuan kedua tim jelang laga semifinal.

Inggris saat ini sedang dalam kepercayaan diri yang tinggi. Skuat besutan Gareth Southgate sukses menaklukkan Jerman 2-0 di babak 16 besar dan mencukur Ukraina di babak perempat final.

Read More

Sementara gawang Inggris masih tetap bersih dari gol di Euro 2020. Tidak heran, jika The Three Lions–julukan Timnas Inggris– mengusung asa besar untuk menginjak final.

Maklum, Inggris sudah lama tidak mencicipi final turnamen besar. Terakhir mereka merasakan tampil di final pada Piala Dunia 1966 yang mereka menangi, atau sudah 55 tahun silam.

Sedangkan Denmark harus bekerja keras lolos ke fase gugur. Lalu, pasukan Kasper Hjulmand melibas Wales dengan skor 4-0 di babak 16 besar, dan menaklukkan Republik Ceko 2-1 di perempat final.

Kini Inggris akan menghadapi Denmark di final. Tentu saja kedua tim sudah cukup saling mengenal kekuatan masing- masing setelah terakhir kali bertemu di ajang UEFA Nations League pada Oktober 2020.

Berikut statistik kedua tim jelang semifinal Euro 2020 seperti yang dihimpun dari Antara :

  • Kedua negara sudah 23 kali bertemu sebelumnya. Inggris menang 13 kali, Denmark hanya menang lima kali.
  • Tapi ini pertemuan kedua mereka dalam putaran final Euro setelah Euro 1992 di Malmo yang berakhir 0-0 dalam fase grup. Inggris gagal lanjut ke fase grup, Denmark lolos sebagai runner up Grup 1 untuk akhirnya menjuarai turnamen ini setelah menaklukkan Jerman 2-0 dalam final.
  • Pertemuan kedua mereka dalam turnamen utama terjadi pada Piala Dunia 2002 ketika Rio Ferdinand, Michael Owen dan Emile Heskey membawa Inggris menang 3-0 atas Denmark dalam babak 16 besar.
  • Salah satu dari empat kemenangan Denmark dalam pertandingan resmi melawan Inggris terjadi dalam UEFA Nations League pada 14 Oktober 2020 ketika gol semata wayang Christian Eriksen membuat mereka menang 1-0 di Stadion Wembley. Sebelum gol itu Harry Maguire mendapatkan kartu merah. Sebelumnya pada 8 September 2020 di Stadion Parken di Kopenhagen, kedua tim sama kuat 0-0.
  • Kemenangan Oktober 2020 itu adalah kemenangan ketiga Denmark di kandang Inggris dan yang kedua di Wembley setelah September 1983 ketika tendangan penalti Allan Simonsen memenangkan Denmark 1-0. Akibat jauh dari laga ini, Denmark lolos putaran final Euro 1984 sementara Inggris terhenti.
  • Kedua negara juga berada dalam satu grup babak kualifikasi Euro 1980 tapi kedua pertemuan mereka dalam fase ini menjadi milik Inggris karena menang 4-3 di Kopenhagen dan menang 1-0 di Wembley.(src)
Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.