Kane: Italia Menang Sejarah, tapi Inggris…

Ekspresi striker Inggris Harry Kane bersama kawan-kawannya usai membobol gawang Denmark di Stadion Wembley
Ekspresi striker Inggris Harry Kane bersama kawan-kawannya usai membobol gawang Denmark di Stadion Wembley

Jakarta, Sumselupdate.com – Harry Kane tak menampik bahwa Italia punya sejarah yang lebih baik di turnamen-turnamen besar. Tapi skuad Inggris juga bukannya asing dengan laga-laga penting.

Inggris akan menghadapi Italia pada final Euro 2020 di Wembley, Senin (12/7/2021) dini hari WIB. Dari aspek sejarah, The Three Lions niscaya bukan apa-apanya dibandingkan Italia.

Read More

Italia memang baru satu kali juara Piala Eropa pada edisi 1968, tapi mereka punya empat titel Piala Dunia, dengan yang terbaru dimenangi pada 2006. Di Piala Eropa, Gli Azzurri juga punya catatan dua kali ke final pada tahun 2000 dan 2012 namun harus puas jadi runner-up.

Secara keseluruhan, Italia punya riwayat tampil di sembilan final turnamen besar (Piala Eropa dan Piala Dunia) sebelum bertemu Inggris akhir pekan ini. Bagaimana dengan Inggris?

Buat Inggris, laga melawan Italia nanti adalah final yang kedua sejak mereka juara Piala Dunia 1966, bahkan sepanjang sejarah keikutsertaan mereka di turnamen mayor. Ini dinilai bisa jadi aspek merugikan untuk Inggris, apalagi tampil di kandang yang berpotensi menghadirkan tekanan besar.

Kapten Inggris Harry Kane mengakui Italia diuntungkan catatan sejarah, yang bikin mereka bisa lebih percaya diri. Tapi ia menilai skuad Inggris saat ini berisi pemain-pemain yang akrab dengan laga-laga penting di level klub.

Sebagai catatan, Inggris menempatkan lima tim di empat final Liga Champions terakhir.

“Ini betul-betul laga 50-50 menurut saya. Tentu saja Italia punya sejarah yang lebih baik ketimbang kami dalam hal memenangi turnamen, memenangi final-final besar,” kata Harry Kane kepada Sky Sports dikutip Football Italia.

“Tapi saya rasa di tim kami, banyak dari kami punya pengalaman di level klub, kami memainkan laga-laga terbesar, final-final terbesar di seluruh Eropa. Ini akan jadi laga yang sangat berat, jelas dari sudut pandang kami, kami punya keyakinan penuh dengan apa yang kami kerjakan dan bagaimana kami menyiapkan diri, tapi ini akan sangat sulit.”

“Mereka punya beberapa pemain bagus dengan pengalaman besar, mereka sudah pernah melakukan ini. Di final manapun, di laga besar apapun, Anda harus siap di segala aspek jadi kami tahu itu yang harus dilakukan hari Minggu nanti dan semoga kami bisa menjadikannya keuntungan kami,” imbuhnya.(dtc)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.