ICS 2021: Empowering The World Through Coaching

International Coaching Summit 2021 Soroti Pembicara

Jakarta, Sumseludpate.com – International Coaching Federation (ICF) Jakarta sedang menggelar International Coaching Summit (ICS) pada 28 Oktober 2021 hingga 28 November 2021 secara virtual pada setiap akhir pekan periode tersebut.

Lewat ICS 2021 Coaching Works!: Empowering The World Through Coaching ini, ada empat streamline terkait coaching menjadi salah satu upaya untuk menciptakan SDM berkarakter matang dan sadar dengan potensi dirinya agar bisa terus berkembang dan tetap bisa bersaing di era Industri 4.0 ini: Coaching sebagai profesi, Coaching sebagai kompetensi, Coaching sebagai budaya, Coaching untuk keutuhan hidup.

Di minggu pertama rangkaian acara ini selama tiga hari, pembukaan di hari pertama, Sabtu (28/10/2021), menghadirkan Salman Subakat, CEO Paragon Technology & Innovation, Zivanna Letisha Siregar, pendiri @kitajuara.id, Puteri Indonesia 2008, dan Imam Bustomi, Asisten Deputi Bidang Teknologi dan Informasi, Kementerian BUMN. Hari pertama ini pembukaan diadakan secara gratis sehingga masyarakat umum bisa turut hadir untuk meramaikan dan belajar bersama.

Ketiga pembicara ahli ini berbagi cerita tentang cara kerja coaching di semua tingkatan, mulai dari penetrasi dan penumbuhan budaya coaching dalam organisasi, pemberdayaan masyarakat di instansi pemerintah, hingga coaching yang telah mendorong diri masyarakat untuk tetap bergerak memberikan dampak positif kepada sesama.

Pada hari kedua, Sabtu (30/10/2021), sesi pertama menghadirkan Avni Martin, PCC yang membicarakan tentang bagaimana kita dapat menggabungkan filosofi kuno, ilmu saraf modern, dan penelitian terbaru tentang coaching dengan menggunakan kompetensi inti ICF. Di sesi kedua, Ina Rizqie Amalia, MCC dan Kurnia Siregar, PCC hadir menerangkan kepada audiens seputar pendekatan coaching sebagai percakapan yang bermakna sehingga nantinya tercipta iklim di mana orang dapat dengan bebas mengekspresikan pemikiran dan idenya, mereka juga bisa mendengarkan orang lain, serta memberi dan menerima umpan balik dengan pikiran terbuka. Sesi dari hari Sabtu ini ditutup oleh Heru Yuwono Liem, MCC yang mengangkat tema Paradox dalam Coaching baik sebagai Coach maupun sebagai praktisi yang mengalaminya.

Pada hari terakhir di minggu pertama ICS 2021, Minggu (31/10/2021), sesi pertama dimulai oleh Adina Tarry Msc, MBA, BA yang berbicara tentang menghadapi masa depan dengan harapan dan prospek yang baik lewat coaching.

Mereka yang terus menajamkan ilmu coaching akan mendapat manfaat secara optimal dari memahami sistem coaching secara luas hingga ke sub sistem dan mega sistem yang nantinya menggabungkan aspek kemanfaatan dan keindahan dalam mengintegrasikan pola pikir yang kompleks dalam praktik coaching.

Di sesi malam, ada Fauziah Zulfitri, ACC bercerita cerita tentang bagaimana coaching telah mengubah lanskap pertumbuhan dan perkembangan masyarakat Indonesia Timur. Diakhiri dengan sesi dari Oki Wiranto yang berbagi mengenai transformasi bisnis melalui perubahan mindset dan perilaku yang dilakukan oleh Telkom Group menjadi Digital Telco melalui aplikasi coaching dalam melakukan intervensi, meningkatkan kesadaran dan keterlibatan karyawan untuk menggerakkan transformasi.

ICS ke-10 tahun ini menampilkan penerapan proses coaching dari masing-masing stakeholders di setiap tingkat aplikasi: Pribadi, Organisasi, Asosiasi, Komunitas, dan Negara sekalipun.

ICS 2021 akan menjadi International Summit kedua yang ICF Jakarta selenggarakan secara virtual dan akan mengumpulkan lebih dari 1000 peserta dari berbagai profesi termasuk coach, peneliti, tenaga pengajar, pejabat pemerintah, pengusaha, praktisi bisnis, UMKM, maupun startup dan individu.  (rel)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.