Hindari cedera Penggawa SFC Direndam Air Es

Selasa, 16 Februari 2016
Ket foto Ichsan Kurniawan dan Hapot Ibrahim saat berendam di air es dalam tong plastik di stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Selasa (16/2)

Palembang, Sumselupdate.com Punggawa Laskar Wong Kito direndam air es. Padatnya jadwal latihan yang diberikan dikhawatirkan membuat pemain kelelahan. Resiko cidera akibat dipaksa menaikkan performance, serta ditambah penumpukan asam laktat, memang sangat rentan bagi Ichsan Kurniawan dan kawan-kawan.

Karena itu, dalam latihan sesi pagi di stadion Gelora Sriwijaya (GSJ). Pelatih fisik Troy Medicana memberikan treatment khusus untuk mencegah cedera. Troy merendam Ichsan Cs kedalam air yang diisi dengan balok es selama setengah jam (krioterapi).

Bacaan Lainnya

“Terapi batu es atau krioterapi memang sengaja kita lakukan karena belakangan ini sudah menggelar latihan fisik yang cukup berat,” jelas eks pelatih Surabaya United ini, Senin (16/2)

Secara bergantian, punggawa laskar wong kito masuk ke dalam 4 gentong yang sudah berisi air dan balok es. “Terapi es ini juga untuk mencegah cedera, karena bagaimanapun lebih baik mencegah daripada mengobati,” jelasnya.

Menurutnya, berendam di air yang suhunya mendekati titik beku ini bakal mempercepat pelarutan timbunan asam laktat dalam otot yang terbentuk akibat latihan fisik berat.

“Jika asam laktat berlebihan, kerja otot bakal terganggu, walaupun pada mulanya es terasa membekukan, kalian akan merasa jauh lebih enak setengah jam kemudian,” bebernya. (Dek)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.