Herman Deru  Kawal PSU PALI  Berjalan  Secara Demokratis dan Transparan 

Gubernur Sumsel H Herman Deru ketika menerima audensi Ketua Komisioner KPU Daerah Sumsel di ruang kerjanya.

Palembang, Sumselupdate.com – Pemungutan Suara Ulang (PSU) di empat Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI)  pada 21 April 2021  mendatang, diharapkan berjalan dengan sukses dan lancar. Harapan itu kembali disampaikan Gubernur Sumsel H Herman Deru ketika menerima audensi Ketua Komisioner KPU Daerah   Sumsel di ruang kerjanya, Selasa (13/4/2021).

“Kemarin kita  sudah terima surat keputusan MK (Mahkamah Konstitusi), saya minta pelaksanaan PSU itu digelar sebaik mungkin dan memberikan hak seluas-luasnya kepada masyarakat,” kata  Herman Deru.

Bacaan Lainnya

Agar pelaksanaan PSU dapat berjalan dengan demokrastis dan transparan  sesuai dengan harapan, dirinya mengajak seluruh elemen dan stakeholders terkait dapat memberikan sumbangsihnya dalam mensukseskan PSU, mengingat PSU merupakan amanat undang-undang dan telah  diperintahkan oleh  MK.

“Makanya KPU Sumsel, KPU Pali dan Bawaslu harus beriringan dan bersinergi dalam hal ini, untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan,” imbuhnya.

Disamping pihak penyelenggaran, suksesnya pesta demokrasi tersebut juga tidak terlepas dari peranserta aparat kemanan  dalam menciptakan wilayah yang kondisif. Karena itu aparat baik TNI/Polri harus  mampu meminimalisir terjadinya konflik  yang kemungkinan akan terjadi di antara dua  pasang  kandidat Calon Bupati (Cabub) dan Calon Wagub Pali yang berkompetisi saat PSU.

“PSU ini jangan sampai gagal, karena jika gagal akan membuat Kabupaten PALI tidak memiliki kepala daerah yang definitif. Karena itu jalannya PSU ini  perlu dikawal dengan  pengamanan yang ketat,” tambanya.

Suksesnya PSU lanjut Herman Deru  tidak terlepas dari  peran serta calon pemilih. Karena itu  pihak penyelenggara mesti jeli dalam memberikan sosialisasi mengajajak calon pemilih untuk menyalurakan hak suaranya dengan datang ke TPS.

“Pihak penyelenggara harus bisa memastikan undangan PSU benar-benar sampai ke tangan calon pemilih. Jangan sampai    jadi masalah bagi pihak penyelenggara dikemudian hari,” tandasnya.

Di lain pihak, Ketua KPU Sumsel,  Amrah Muslimin, dalam laporannya pada gubernur menyebut,  pelaksanaan PSU  akan dilangsung di empat TPS pada  21 April 2021, sebagaimana yang telah diperintahkan MK yakni  di TPS 08 Desa Babat Kecamatan Penukal, TPS 06 Desa Tempirai Kecamatan Penukal Utara. Kemudian  TPS 09 dan TPS 10 Desa Air Itam Kecamatan Penukal.

“Kita KPU Sumsel berama KPU PALI  sudah melakukan koordinasi secara inten dengan  pihak  terkait utamanya pihak keamanan TNI/Polri  dalam hal pengamanan PSU,” tandasnya sembari menyebut  KPU Sumsel secepatkan akan peninjauan  TPS  yang dimaksud guna memastikan kesiapan dilapangan. (rel)

PDIP

PKB

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.