Hasil Survei Capres Tunjukkan Ganjar dan Ridwan Kamil Terkuat, Puan Justru Keok

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Jakarta, Sumselupdate.com – Elektabilitas Ganjar Pranowo justru meningkat tajam saat dirinya masih bersitegang dengan PDIP. Sejumlah pihak lantas menyebut hal ini sebagai strategi politik.

Sebelumnya santer dikabarkan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dinilai terlalu ambisius jadi presiden hingga putri KEtua Umum PDIP, Puan Maharani menyindir kinerja orang nomor satu di Jateng itu hanya sibuk di media sosial dan jarang turun ke lapangan.

Bacaan Lainnya

Diduga kuat, Puan Maharani bakal jadi calon presiden terkuat dari pratai berlambang banteng tersebut sehingga Ganjar disingkirkan dari pencalonan.

Namun, fakta lain ditunjukkan dalam survei yang dilakukan oleh Y-Publica. Eelektabilitas Ganjar Pranowo justru menembus 20,2 persen untuk pertama kalinya sejak survei Maret 2020.

“Elektabilitas Ganjar terus melaju hingga berhasil tembus 20,2 persen,” kata Direktur Eksekutif Y-Publica Rudi Hartono dalam siaran persnya, di Jakarta, Rabu (26/5/2021) seperti dikutip dari suara.com jaringan nasional sumselupdate.com.

Elektabilitas Ganjar pada survei kali ini melampaui Prabowo Subianto yang selama ini unggul di puncak elektabilitas. Elektabilitas Prabowo sebesar 16,7 persen dan dibayangi oleh Ridwan Kamil sebesar 15,9 persen.

Sementara itu, Puan Maharani turun elektabilitasnya di bawah 1 persen, yaitu 0,7 persen. Menurut Rudi, hal menarik jika melihat pernyataaan elite PDIP lainnya belakangan ini yang terkesan menyindir Ganjar.

Meski dinilai terlalu berambisi menjadi calon presiden dengan lebih banyak tampil di media sosial dibandingkan bekerja di lapangan.

Namun, menurut Rudi, posisi kepala daerah memang cenderung semakin strategis, khususnya sejak pandemi Covid-19 melanda hingga posisi Ganjar justru diuntungkan.

Tidak hanya Ganjar, elektabilitas Ridwan Kamil dan Anies Baswedan juga turut melambung elektabilitasnya, yang sama-sama kepala daerah. (adm3/sur)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.