Hari Kedua Pelatihan Kehumasan dan Jurnalistik di Muba, Peserta Begitu Antusias

Foto bersama.

Sekayu, sumselupdate.com – Puluhan peserta yang mengikuti Pelatihan Kehumasan dan Jurnalistik, sebagai Kegiatan Penguatan Kapasitas Sumber Daya Komunikasi Publik. Dihari kedua pelatihan masih terlihat begitu semangat, untuk menerima materi yang akan disampaikan oleh narasumber.

“Alhamdulillah dihari kedua Pelatihan Kehumasan dan Jurnalistik. Peserta yang merupakan Perwakilan OPD Muba, Kepala Bagian, anggota TP PKK, anggota Darma Wanita, dan rekan-rekan jurnalistik serta pimpinan organisasi pers. Terlihat sangat antusias,” ungkap Kepala Dinas Kominfo Muba Herryandi Sinulingga AP melalui Kepala Bidang Komunikasi Publik Yettria SKM MSi.

Bacaan Lainnya

Dikatakan Yettria, di saat teknologi informasi berkembang begitu cepat, kita sebagai ASN juga harus mampu terus beradaptasi. Salah satunya ialah mampu memberikan informasi yang cukup kepada publik terkait dengan berbagai program yang ada di Pemkab dan di masing-masing OPD.

Adapun narasumber yang akan menyampaikan materi tentang foto jurnalistik ialah, seorang Wartawan Foto Freelance Mushaful Imam.

“Semoga dengan hadirnya Mushaful Imam sebagai narasumber, mampu memberikan banyak pengetahuan tentang foto jurnalistik. Agar dalam penyampaian program yang telah dilaksanakan OPD dapat dikemas dalam konsep publikasi yang baik dan juga menarik,” tuturnya.

Sementara itu, Mushaful Imam dalam paparannya ia menjelaskan, foto jurnalistik adalah kegiatan mencari, mengumpulkan, mengolah dan menyebarkan foto melalui media massa dengan mengabungkan komunikasi visual dan verbal.

“Foto jurnalistik membuat berita dengan mengunakan foto dan memberikan gambaran berita melalui teks (keterangan foto) yang mengandung komponen 5W dan 1H : what (apa), where (dimana), when (kapan), who (siapa), why (mengapa), dan how (bagaimana) teks,” bebernya.

Nilai foto jurnalistik itu penting, menarik, baru dan relavan. Terdapat 8 jenis foto jurnalistik diantaranya ada foto berita kegiatan, foto berita umum, foto berita potret, foto berita keseharian, foto berita olahraga, foto berita seni dan budaya, foto berita lingkungan dan alam, foto berita essay.

“Ciri-ciri foto jurnalistik ialah independen, kemampuan, kepekaan, memiliki kekuatan dan  intelektualitas. Trik agar bisa mendapatkan foto jurnalistik dengan baik, kita harus tenang kemudian tidak terburu-buru, tidak panik, amati, berpikir, berjalan, melihat, mendengar dan merasakan. Semoga apa yang saya sampaikan ini bisa memberikan manfaat untuk peserta,” tandasnya.

Salah seorang peserta, Ines bagian Humas di Dinas Kesehatan Kabupaten Muba mengungkapkan, dengan mengikuti pelatihan kehumasan dan jurnalistik yang diselenggarakan oleh Pemkab melalui Dinkominfo Muba. Memberikan banyak manfaat yang akan membantu dan menunjang  pekerjaan sebagai Humas.

“Alhamdulillah pelatihannya menambah ilmu dan pengalaman, materi yang disampaikan narasumber relevan dengan tugas kehumasan kami, terkait optimalisasi dalam memberikan informasi kepada publik. Keilmuan kita tadinya cuma 50 persen sekarang tambah banyak sudah 90 persen, Alhamdulillah banyak ilmu baru yang kita dapat hari ini,” ujarnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.