Hari Ini, Presiden Jokowi Umumkan Reshuffle Kabinet

Ilustrasi

Jakarta, Sumselupdate.com –Setelah dua minggu melakukan evaluasi mendalam terhadap jajaran kabinetnya, Presiden Joko Widodo akhirnya mengambil keputusan. Akan ada perubahan komposisi di Kabinet Kerja.

Rencananya reshuffle kabinet jilid II ini akan diumumkan langsung oleh Jokowi siang ini, Rabu (27/7) di Istana Kepresidenan.

Sejumlah menteri dikabarkan dicopot. Ada pula yang digeser atau bertukar posisi.

Sinyal perombakan kabinet memang telah terasa beberapa hari terakhir. Apalagi setelah Presiden mengeluarkan larangan menteri dinas di luar kota dari 26-29 Juli.

Ternyata, di beberapa hari ke belakang ini Jokowi memanggil beberapa menterinya untuk dievaluasi. Hingga tadi malam, keputusan pun dikeluarkan, reshuffle akan dilakukan.

Sebelumnya malam tadi, Jokowi memanggil setidaknya ada 6 menteri. Menteri-menteri yang dipanggil terdiri dari 5 menteri teknis dan 1 menteri koordinator.

MenPAN RB Yuddy Chrisnandi menjadi menteri pertama yang terpantau wartawan mendatangi istana. Yuddy nampak tiba di Istana Merdeka sekitar pukul 19.00 WIB. Namun, Yuddy hanya sebentar menghadap presiden dan wapres, tak lebih dari 20 menit.

MenPAN RB tampak menumpangi golf car saat meninggalkan istana. Saat dijumpai, Yuddy tampak kebingungan.

“Ini, saya mau nyari, di mana ya?” kata Yuddy seperti dikutip detikcom.

Saat ditanya perihal pertemuan di dalam, Yuddy menjawab singkat. “Biasa-biasa saja,” katanya.

Apa ada pembahasan reshuffle?

“Biasa-biasa saja, persiapan rapat kabinet besok,” kata Yuddy sambil senyum.

“Sebentar ya, saya mau nyari (mobil) dulu, nanti saya masuk lagi. Nanti ya, sebentar,” lalu Yuddy meninggalkan wartawan.

Sebelum Yuddy, ternyata sudah ada Menteri ESDM Sudirman Said yang dipanggil sekitar pukul 18.45 WIB. Namun, Sudirman tidak terpantau wartawan.

Mendikbud, Anies Baswedan juga telah dipanggil untuk menghadap Presiden. Anies dipanggil ke istana sekitar pukul 18.00 WIB.

Pukul 19.29 WIB, giliran Mendag Thomas Trikasih Lembong yang datang. Namun, Lembong tidak banyak memberikan keterangan saat masuk ke kompleks istana.

Tak lama kemudian datang dua menteri yakni Menteri Perindustrian Saleh Husin dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Sofyan Djalil pada pukul 19.40 WIB.

Menteri yang terakhir dipanggil malam ini adalah Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan. Luhut merapat ke Istana sekitar pukul 20.35 WIB. Mantan Kepala Staf Presiden itu masuk lewat pintu Wisma Negara. Wartawan tak bisa mendekat karena area tersebut dijaga oleh Paspampres.

Pertemuan itu berakhir sekitar pukul 22.00 WIB. Wapres JK langung kembali ke kediamannya.

Informasi yang didapat, telah diputuskan akan dilakukan reshuffle. Pengumuman menteri baru dikabarkan akan dilakukan besok, Rabu (27/7/2016) pukul 14.00 WIB. (hyd)

 

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.