Gubernur Sumsel Antarkan Api Obor Asian Games Menuju Lampung

Gubernur Sumsel H Alex Noerdin beserta tim Torch Relay menuju Provinsi Lampung.

Kayuagung, Sumselupdate.com – Torch Relay api obor Asian Games sudah melintasi beberapa kabupaten dan kota di Provinsi Selatan sejak Sabtu (4/8).

Dimulai dari Kota Palembang, api abadi dari India dan Mrapen tersebut sudah diarak keliling ke Kabupaten Banyuasin, Musi Banyuasin, Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), dan Kota Prabumulih.

Read More

Sementara hari ini, Selasa (7/8/2018) pawai api obor diantarkan langsung oleh Gubernur Sumsel H Alex Noerdin bersama tim Torch Relay menuju Provinsi Lampung.

Api obor yang sebelumnya diinapkan di Wisma Atlet Jakabaring sejak pukul 07.00 dibawa dan diarak melalui Kabupaten Ogan Ilir dan terakhir di Kayuagung, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) yang selanjutnya diteruskan ke Kabupaten Tulang Bawang, Provinsi Lampung.

Saat singgah di Inderalaya, Kabupaten Ogan Ilir, api obor Asian Games dibawa oleh sejumlah atlet-atlet, hingga pejabat daerah melintasi kawasan Tanjung Senai perkantoran Pemkab Ogan Ilir yang kemudian diterima langsung oleh Bupati Ogan Ilir Ilyas Panji Alam.

“Kami masyarakat Ogan Ilir sangat bangga karena daerah kami salah satu yang disinggahi api Asian Games ini. Kami ucapkan terima kasih kepada Gubernur Sumsel yang sudah memperjuangkan Asian Games di Sumsel,” ujar Iliyas Panji saat sambutan.

Di siang harinya, api obor melanjutkan perjalanan ke Kayuagung, Kabupaten OKI. Sepanjang jalan, antusias warga masyarakat serta anak-anak pelajar cukup ramai yang sudah menunggu di sepanjang jalan lintas dan protokol sejak pagi hari.

Teriakan Indonnesia! selalu terdengar sepanjang jalan menyambut api obor tersebut.

Setelah dibawa oleh sejumlah atlet dan pejabat melintasi jalan protokol, api obor diserahkan langsung kepada Bupati OKI, Iskandar, SE dan disemayamkan dengan minicoldron di halaman kantor Bupati OKI.

Dalam sambutannya, Bupati OKI Iskandar, SE juga menyampaikan hal yang sama mengenai perjuangan Sumsel dalam mempersiapkan Asian Games.

“Pada 56 tahun yang lalu Indonesia sudah melaksanakan Asian Games yang meninggalkan peninggalan sejarah berupa kawasan Senayan dan Semanggi. Dan kembali dilaksanakan di Indonesia yakni di Jakarta dan Palembang, kita mendapatkan LRT yang pertama kai di Indonesia, kita masyarakat Sumsel tentu harus bangga dengan pencapaian ini,” tegasnya.

Sementara itu, Gubernur Sumsel H Alex Noerdin memyampaikan semua ini sudah dipersiapkan sejak lama. Mulai dari PON 2004, SEA Games 2011, kemudian ISG 2013 lalu AUG 2014, dan puncaknya saat ini Asian Games 2018.

“Sebelas hari lagi kita melaksanakannya dan akan menjadi sejarah baru. Mari kita sama-sama menyukseskan pelaksanaannya di Jakarta dan Palembang,” kata Alex di hadapan masyarakat Kayuagung.

Dalam kesempatan ini, Alex juga mengajak seluruh masyarakat Kayuagung untuk mencoba LRT di Palembang dengan difasilitasi oleh Bupati.

“Saya minta bapak bupati mengajak masyarakatnya berkunjung ke Palembang dan mencoba naik LRT pertama kali di Indonesia dari bandara hingga ke Jakabaring. Dan sebagai bentuk tanggung jawab saya, api obor Asian Games ini saya antarkan hingga ke Kabupaten OKI yang nanti selanjutnya dibawa oleh tim Torch Relay ke perbatasan Lampung, dan itu akan menjadi tanggung jawab Gubernur Lampung,” jelas Alex. (tra)

 

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.