Gubernur Minta Kadin Sumsel Jadi ‘Stake Holder’ Petani

Suasana audiensi Gubernur Sumsel H Herman Deru bersama sejumlah Pengurus Kamar Dagang Indonesia Sumsel.

Palembang, Sumselupdate.com – Gubernur Sumsel H Herman Deru meminta agar Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Sumsel menjadi stake holder petani dan kedepan mampu membuat wilayah binaan khusus.

“Harusnya Kadin sudah ada wilayah binaan sendiri. Misal perkebunan, jadi mulai dari penanaman dan lainnya di situ semua. Ini bisa jadi wadah untuk beraktifitas sosial juga. Goal-nya ini untuk kesejahteraan petani,” jelas HD saat menerima audiensi sejumlah pengurus Kadin Sumsel, di Ruang Tamu Gubernur Sumsel, Kamis (13/12/2018).

Bacaan Lainnya

Kepada pengurus Kadin, HD juga meminta agar lebih berkonsentrasi membantu sektor pertanian dan perkebunan karena petani jenis ini kerap terkendala permodalan.

Terlebih, selama ini ia mengaku miris karena melihat petani kerap kali hanya menjadi buruh di tanahnya sendiri.

Untuk itu, dia meminta Kadin Sumsel menjadi stake holder petani untuk mendapatkan modal dan melakukan pembinaan agar petani bisa menjadi entrepreneurship untuk usahanya sendiri.

“Apa yang didapatkan petani itu kalau sudah panen selama ini tidak sebanding. Mereka punya tanah tapi hasilnya sama seperti kalau mereka ambil upahan. Disinilah saya minta peran Kadin untuk mengedukasi para petani ini agar mereka mengerti bahwa mereka itu sebenarnya owner,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Kadin Sumsel, Ferdi Aligatur mengatakan, Kadin Sumsel siap mendukung segala program dan visi misi HDMY.

“Kami juga berharap keberadaan Kadin diikutsertakan dalam pembangunan di Sumsel,” tutupnya. (pra)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.