Gempa di Bengkulu, Sampai ke Pagaralam, ASN Berhamburan Keluar

Titik gempa di Bengkulu.

Laporan: Novrico Saputra

Pagaralam, Sumselupdate.com – Gempa bumi  berkekuatan  5,2  Skala Richter mengguncang Provinsi Bengkulu getarannya sampai ke Pagaralam, Senin (29/3/2021) sekitar pukul 11.13 WIB.

Bacaan Lainnya

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu mencatat titik episenter gempa terjadi pada koordinat 4.64 Lintang Selatan dan 102.59 Bujur Timur. berlokasi di laut pada jarak 42 kilometer arah Barat Daya Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu dengan kedalaman 48 kilometer. Dikutip dari Laman BMKG .

Gempa bumi yang terjadi itu merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi tersebut memiliki mekanisme pergerakan naik atau thrust fault, dan hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

Getaran gempah di Bengkulu terasa sampai Pagaralam.

Sementara itu, warga Kelurahan Besemah Serasan, Kecamatan Pagaralam Selatan Erwin Juliansyah menyebut gempa bumi itu dirasakan cukup kuat hingga membuat dinding rumah bergetar.

“Dirasakan cukup hanya sekitar beberapa detik. Tadi sadarnya saat dinding rumah bergetar tapi alhamdulillah tidak ada kerusakan,” katanya.

Gempa yang berlokasi di laut pada jarak 42 kilometer arah Barat Daya Bengkulu Selatan itu juga ikut menguncang di kawasan perkantoran Gunung Gare Kota Pagaralam, Sumatera Selatan (Sumsel).

Akibat guncangan gempa tersebut beberapa ASN yang ada di gedung Kantor Dinas Kominfo Kota Pagaralam, berlarian keluar kantor untuk menyelamatkan diri.

Selain itu kekuatan gempa juga sempat menggoyangkan beberapa monitor Komputer yang ada di meja kerja ASN hingga tiang Listrik.

Namun gempa bumi itu tidak menimbulkan kerusakan pada rumah warga maupun fasilitas umum lainnya. Petugas Pos Pemantau Gunung Api Dempo (GAD) Pagaralam, Megian menyampaikan bahwa gempa bumi yang terasa di Pagaralam berpusat di Benglulu Selatan dengan kekuatan 5,2 SR.

“Gempa bumi ini berpusat di Bengkulu Selatan. Namun memang guncangannya sangat terasa di Pagaralam. Bahkan alat siesmograf mencatat gempa ini berkekuatan 2 skala MMI,” jelasnya.

Namun pihaknya memastikan jika gempa bumi tersebut tidak mempengaruhi aktivitas GAD. Dan sampai saat ini status GAD masih aktif normal.

“Dirasakan cukup hanya sekitar beberapa detik. Tadi sadarnya saat dinding rumah bergetar tapi alhamdulillah tidak ada kerusakan,” katanya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.