Gelar Workshop Jurnalis Olahraga, Kadispora: Pemberitaan Positif Menggiring Prestasi Atlet

WORKSHOP---Pelaksanaan Workshop Jurnalis Olahraga dengan tema Pers Sebagai Ujung Tombak Kebangkitan Olahraga di Sumsel, yang digelar di Aula Dispora Sumsel, Selasa (20/10/2020).

Palembang, Sumselupdate.com-Dinas Pemuda Olahraga (Dispora) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dan Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) Persatuan wartawan Indonesia (PWI) Sumsel menggelar workhsop jurnalis olahraga guna membangun sinergi antara pemerintah dan jurnalis.

Workshop Jurnalis Olahraga dengan tema ‘Pers Sebagai Ujung Tombak Kebangkitan Olahraga di Sumsel’ digelar di Aula Dispora Sumsel, Selasa (20/10/2020). Dalam kegiatan tersebut turut dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (Mou) yang dilakukan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sumsel Akhmad Yusuf Wibowo, dan Ketua Siwo PWI Sumsel Kawar Dante.

Bacaan Lainnya

KERJA SAMA–Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sumsel Akhmad Yusuf Wibowo didampingi Ketua Siwo PWI Sumsel Kawar Dante melakukan MoU kerja sama.

Workshop menghadirkan beberapa narasumber antara lain Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Sumsel Anwar Rasuan, Direktur Teknik dan SDM PT Sriwijaya Optimis Mandiri (SOM) Indrayadi, dan Pemimpin Redaksi Sripo-Tribun Sumsel Hj L Weny Ramdiastuti.

Kadispora Sumsel Akhmad Yusuf Wibowo mengatakan, workhsop digelar sebagai panggung kolaborasi antara pemerintah dan jurnalis olahraga di Sumsel. Sebab, tugas jurnalis olahraga membangun prestasi melalui pemberitaan positif yang di-report ke masyarakat.

“Pemberitaan positif wartawan menjadi semangat juang bagi atlet. Contohnya, pemberitaan positif menggiring Jauhari Johan (atlet Atletik) dan Abas Akbar (atlet Silat) menjadi bintang, dan kami saksinya waktu itu,” ujar Akhmad Yusuf Wibowo.

Kata dia, tugas wartawan adalah mencetak atlet bintang melalui pemberitaan positif, dengan tidak melupakan fungsinya sebagai kontrol sosial.

“Saya ambil contoh Malaysia dan Singapura, saat ada event jurnalis mereka membangun opini dengan pemberitaan positif. Apalagi tahun depan Sumsel banyak menggelar event mulai dari Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas), Pekan Olahraga Wilayah (Porwil), Pekan Olahraga Nasional (PON) hingga event Piala Dunia U-20,” papar dia.

Lanjut dia, event Piala Dunia U-21 menjadi agenda sibuk bagi Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan (Pemprov Sumsel). Termasuk banyak agen sepakbola dunia yang mencari talent scouting (pencari bakat) bibit sepakbola usia muda.

“Event Piala Dunia U-20 akan banyak agen dunia yang memantau, baik itu dari klub Barcelona, Juventus, Real Madrid dan lain-lain. Mereka akan mencari bibit-bibit muda pesepakbola berbakat,” tandasnya. (rly)

 

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.