Gaji Ke-14 PNS Dibayar Jelang Lebaran, TPP Pemprov Sumsel Dirapel

Senin, 25 Januari 2016
Ilustrasi

Jakarta, Sumselupdate.com –  Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengemukakan, pemerintah belum bisa merealisasikan kenaikan gaji bagi para Pegawai Negeri Sipil (PNS) pada tahun anggaran 2016 ini, karena harus menunggu pertumbuhan ekonomi mencapai 7 persen. Namun demikian, pemerintah akan tetap memberikan pemasukan ekstra bagi PNS, dengan memberikan gaji ke-13 dan ke-14.

“Jadi kok gaji ke-14. Kalau gaji ke-13 itu pada saat lebaran, mungkin gaji ke-14 ini pada masa jelang masuk sekolah. Itu kewenangannya Kementerian Keuangan,” kata Tjahjo di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Jakarta, melalui Puspen Kemendagri, Senin (25/1).

Bacaan Lainnya

Mendagri meyakini, gaji ke-14 ini akan menjadi ekstra pemasukan bagi para pegawai. Meski sebelumnya, pemerintah sempat mewacanakan adanya kenaikan gaji, namun belum bisa direalisasikan. Pasalnya, harus menunggu pertumbuhan ekonomi mencapai 7 persen.

Sebelumnya Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan, Askolani, mengemukakan, sebagai pengganti kenaikan gaji PNS/Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun 2016 berupa pemberian gaji ke-14, pemerintah sudah menganggarkan dana sebesar Rp6 triliun dalam APBN 2016.

Di Sumatera Selatan (Sumsel), selain mendapatkan gaji ke-13 dan 14, PNS Pemprov Sumsel juga mendapatkan Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP). Namun TPP itu terpaksa dirapel hingga Oktober nanti lantaran terjadinya defisit anggaran.

Sekretaris Daerah Provinsi Sumsel H Mukti Sulaiman mengatakan, seperti diketahui sebelumnya pembayaran TPP yang tertunda dikarenakan Dana Bagi Hasil (DBH) dari pemerintah pusat untuk triwulan pertama tidak terealisasi sehingga berpengaruh kepada APBD Sumsel 2016.

Dirinya menjelaskan, dana APBD Sumsel saat ini tidak cukup untuk membayar TPP dikarenakan sebagian dana harus dibayarkan pada kegiatan proyek kepada pihak ketiga agar pengerjaan dilakukan. Karena itulah TPP harus dirapel sampai dengan Oktober mendatang. (shn)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.