Fokus Maju Pileg 2019, Wakil Ketua PWI PALI Lepaskan Jabatan

PALI, Sumselupdate.com – Untuk menjaga independensi seorang wartawan, baiknya dalam berpolitik harus melepaskan tugas aktifnya dalam pemberitaan.

Hal inilah yang dilakukan Marwito, seorang jurnalis dari salah satu surat kabar di wilayah Sumsel, tepatnya sebagai wartawan daerah yang ditugaskan di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

Read More

Secara resmi Witok (sapaan akrab) yang menjabat sebagai Wakil Ketua PWI PALI, menyampaikan surat pengunduran dirinya sebagi Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten PALI pada Jumat (20/7).

Penyerahan surat pengunduran diri tersebut langsung di hadapkan kepada ketua PWI PALI Nurul Fallah, SH didampingi Sekretarisnya Darmawan SE serta disaksikan puluhan anggota PWI Kabupaten PALI lainnya.

“Ini untuk independensi seorang jurnalis, bagaimana akan dikatakan netral jika terlibat langsung dalam dunia politik. Saya contohkan pada diri saya yang saat ini akan mencalonkan diri sebagai anggota legislatif, artinya tidak menutup kemungkinan jiga dalam penulisan berita akan timpang,” jelas Witok usai menyerahkan surat pengunduran diri di Sekretariat PWI PALI, Jumat (20/7).

Menurut Witok bahwa pengunduran dirinya ini dilakukan sebagai bentuk keseriusan dirinya untuk menghadapi pemilu legislatif 2019 mendatang,

“Insya Allah lewat Partai Amanat Nasional (PAN) saya akan ikut mencalon diri dari sebagai wakil rakyat, dengan Daerah Pemilihan (Dapil) 1 Kecamatan Talang Ubi,” ucapnya.

“Sengaja hal ini saya lakukan agar tidak menjadi ganjalan dalam aturan PKPU maupun aturan undang-undang pers. Sebagai mantan wartawan saya harus patuh dengan aturan dan dibuktikan dengan surat pengunduran diri saya,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya juga mengucapkan banyak terimakasih pada seluruh rekan-rekan wartawan yang sudah bekerjasama selama ini, dirinya juga memohon doa untuk kelancaran niat baiknya ini.

“Ini sebagai contoh kalau memang kita serius, semoga nantinya rekan-rekan yang berniat baik untuk mencalonkan diri di merebutkan kursi legislatif dapat mengundurkan diri sementara. Kita tunjukkan kalau memang kita ini serius dengan niat kita ini, dan ini juga untuk menjaga nama baik independensi seorang wartawan,” pungkasnya. (adj)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.