Siapkan 400.000 Vaksin Rubella Untuk Anak di Kota Palembang

Palembang, Sumselupdate.com – Imunisasi Measles dan Rubella (MR) terus disosialisasikan di seluruh kota termasuk Sumsel. Indonesia menargetkan 31 juta anak mendapatkan vaksinasi ini, diantaranya sekitar 400.000 untuk Palembang.

Sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah untuk meningkatkan cakupan imunisasi dasar maupun lanjutan dan mendukung pelaksanaan program eliminasi MR di Indonesia, maka Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) Cabang Sumsel menggelar seminar dan pelatihan advokasi untuk kampanye imunisasi MR fase II dan surveilans PD31 di Hotel Zuri Palembang, Minggu (22/7/2018).

Read More

Ketua IDAI Cabang Sumsel, dr Silvia Triratna SpA (K) mengatakan, Pemerintah menargetkan program imunisasi campak dan rubella (measles dan rubella/MR) fase II di 28 provinsi sebanyak 31.963.000 anak usia 9 bulan hingga kurang dari 15 tahun. “Keberhasilan program ini sangat penting dalam pembangunan kesehatan anak di Indonesia,” katanya.

Ia mengatakan, pelatihan ini dilakukan di 14 kota di Indonesia seperti Lampung, Manado, Makssar, Pekan Baru, Jayapura, Aceh, Palembang, Pontianak, Medan, Kupang, Padang, Banjarmasin, Balikpapan dan Lombok.

“Tujuannya memberikan penyegaran kepada tenaga kesehatan lintas sektor seperti dokter spesialis anak, dokter umum, bidan dan perawat mengenai pelayanan imunisasi,” katanya.

Dia melanjutkan, kegiatan ini juga bertujuan untuk menyiapkan tenaga kesehatan demi menyukseskan kampanye imunisasi MR fase II di luar pulau Jawa dan meningkatkan pengetahuan tenaga kesehatan mengenai serveilans PD3I.

Selain itu kegiatan ini juga dilakukan dalam rangka memberikan bekal pada tenaga kesehatan dengan pengetahuan ilmiah berbasis bukti yang diperlukan untuk menjawab pertanyaan masyarakat mengenai imunisasi mulai dari manfaat, kehalalan dan berbagai informasi lainnya.

Sehingga, berbagai pemangku kepentingan mulai dari IDAI, Ikatan Bidan Indonesia, Persatuan Perawat Nasional Indonesia, Kementerian KesehatanKesehatan RI dan WHO berkomitmen mensukseskan program nasional imunisasi MR fase II.

Meningkatkan cakupan imunisasi MR serta program imunisasi rutin dan surveilans penyakit yang dapat dicegah dengan iminisasi (PD3I) melalui pendekatan dalam bidang edukasi, advokasi dan komunikasi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang dr Letizia mengatakan, imunisasi MR akan dilakukan Dinas Kesehatan Kota Palembang yang menyasar 400 ribu anak usia 9 bulan – 15 tahun.

Pelaksanaan imunisasi yang dilakukan dari 1 Agustus hingga 30 September ini, akan digelar di 41 puskemas dan rumah sakit yang ada di Palembang. Pelaksanaan ini juga terbantu dengan adanya posyandu yang langsung menjangkau ke masyarakat.

“Angka ini lebih sedikit dari sasaran imunisasi difteri beberapa bulan lalu karena jangkauan anaknya hanya sampai usia 15 tahun, sedangkan vaksinasi difteri sampai anak usia 19 tahun,” jelasnya. (syd)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.