Februari Ini DBH Migas Sumsel Cair

Jumat, 5 Februari 2016
H Mukti Sulaiman

Palembang, Sumselupdate.com

Setelah lama ditunggu, Dana Bagi Hasil (DBH) minyak dan gas (migas) dari pemerintah pusat untuk Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel), segera ditransfer bulan Februari ini. Nilai DBH Sumsel diperkirakan mencapai Rp800 miliar.

Bacaan Lainnya

Sekda Sumsel H Mukti Sulaiman, Jumat (5/2), mengatakan, DBH migas tersebut akan ditransfer secara bertahap.

Terpisah, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Palembang, M Zulfan, menilai pemerintah pusat cenderung lamban dalam mengeluarkan DBH migas.

Padahal meski bukan daerah penghasil minyak, Kota Palembang memiliki hak terhadap DBH migas tersebut yang mencapai Rp200 miliar untuk setiap tahunnya. Parahnya, menurut Zulfan, Kota Palembang tahun lalu memiliki piutang DBH migas mencapai Rp50 miliar.

“Pada triwulan ke IV hingga saat ini pemerintah pusat belum membayar piutang DBH migas mencapai Rp50 Miliar, kita berharap tahun ini segera dibayarkan,” ujarnya.

Zulfan tidak mengetahui dengan pasti apa alasan pemerintah pusat hingga saat ini dana migas belum dicairkan, biasanya dana yang dicairkan selalu tepat waktu, oleh karena itu pihaknya berharap tahun ini tidak ada lagi keterlambatan pencairan.

“Untuk dana migas sama dengan tahun lalu yang mencapai Rp200 miliar, dana tersebut sangat penting bagi keuangan daerah,” katanya.

Zulfan menuturkan, keterlambatan pembayaran dana migas tersebut oleh pemerintah pusat sangat mengganggu Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBD) Kota Palembang.

Karena program pembangunan fisik seperti jalan maupun lainnya, menjadi terhambat, sehingga banyak program yang belum optimal karena belum dicairkannya dana tersebut.

“Imbas dari belum dibayarknnya DBH migas oleh pusat, mengakibatkan banyak kegiatan yang belum berjalan dengan optimal, karena tidak ada dana. Untuk itu Pemkot sangat berharap dana tersebut segera dicairkan dalam waktu dekat,” katanya. (erk)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.