Epidemiolog: Kunci Pencegahan Varian Omicron Masih Protokol Kesehatan dan Vaksinasi

Ilustrasi Omicron

Jakarta, Sumselupdate.com Merebaknya varian Omicron di sejumlah wilayah di Indonesia membuat epidemiolog kembali mengingatkan pentingnya melakukan protokol kesehatan dan vaksinasi.

Menurut epidemiolog dari Griffith University Australia Dicky Budiman, dua hal tersebut masih menjadi kunci utama pencegahan infeksi virus Corona, termasuk varian Omicron.

Read More

“Meningkatkan imunitas sebagai upaya mencegah penularan Covid-19, termasuk omicron. Kita masih bisa mengandalkan dari vaksinasi, tapi harus disertai dengan 5M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, mengurangi mobilitas, dan menghindari kerumunan),” ujar Dicky Budiman seperti dikutip dari suara.com jaringan nasional sumselupdate.com.

Ia mengatakan, setidaknya saat ini dunia telah melacak empat subvarian omicron, yakni BA.1, BA.1.1, BA.2, dan BA.3. Dari empat versi itu, subvarian BA.2 yang lebih menular daripada BA.

Selain vaksinasi, Dicky juga mengatakan pengetatan pintu masuk negara hingga pengetatan antarwilayah di dalam negeri juga penting dilakukan untuk mempersempit ruang gerak virus agar tidak menyebar.

“Untuk mencegah setiap apapun itu varian Covid-19, prinsipnya sama, yakni menerapkan pengetatan pintu masuk negara hingga antarwilayah. Kita harus bisa mempersempit ruang virus agar tidak menyebar,” kata Dicky yang juga peneliti Global Health Security di Center for Environment and Population Health, Griffith University, Australia, itu.

Selain itu, lanjut dia, untuk mencegah penyebaran varian-varian Covid-19, termasuk omicron, juga harus dapat meningkatkan sistem pengawasan genomik atau genomic surveillance.

“Kalau bicara varian harus ada genomic surveillance yang memadai,” ucapnya.

Sebelumnya, Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi menyampaikan pasien yang memiliki komorbiditas dan belum mendapat vaksinasi lengkap adalah korban terbesar dari Covid-19. (adm3/sur)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.