Empat Hari Diuji Coba, 1.500 Pelanggar Terpantau Kamera ETLE

Pelambang mulai menerapkan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik.

Laporan: Haris Widodo

Palembang, Sumselupdate.com – Kota Pelambang, Provinsi Sumatera Selatan mulai menerapkan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik di Sumsel hari ini, Senin (19/4/2021). Seperti diketahui, Palembang masuk dalam ETLE.

Bacaan Lainnya

“Perlu diketahui, dalam waktu empat hari uji coba rata-rata 1.400 hingga 1.500 orang pelanggar yang tertindak dari satu kamera ETLE yang terpasang,” ujar kata Dirlantas Polda Sumsel, Kombes Pol Cornelis F Hotman Sirait, Senin (19/4/2021).

Dikatakannya, pelanggar didominasi oleh berlawanan arah dan tidak menggunakan sabuk pengaman saat berkendara. Namun pihak kepolisian tidak langsung menindak dikarenakan masih tahap uji coba.

“Pelanggar didominasi roda dua dan juga roda empat, tidak menggunakan sabuk pengaman, melawan arus itu paling banyak pelanggarnya,” lanjutnya.

Kendaraan saat melintasi kamera ETLE.

Nantinya ketika ETLE sudah mulai diterapkan, barulah ‘Surat Cinta’ bakal datang ke rumah pelanggar.

“Saya imbau masyarakat tetap mematuhi dan tetap tertib dalam berlalu lintas. Kamera ETLE ini beroperasi selama 24 jam, nantinya jika tetap tidak patuh dan sudah diberlakukan surat cinta bakal datang terus tu kerumahnya,” ungkap Dirlantas.

Ia menambahkan dua titik kamera sudah terpasang di titik tertentu yang ada di Palembang, seperti di Simpang 5 DPRD Sumsel dan dekat simpang Polda Sumsel tepatnya di KM 5 Palembang sebelum simpang Polda Sumsel.

Kondisi lalu lintas.

Rencananya akan ada sembilan titik kamera ETLE terpasang disejumlah wilayah di Kota Palembang, yang akan memantau dan menindak para pengendara yang melanggar lalu lintas.

“Uji coba ETLE terus berjalan hingga saat ini, dua kamera yang sudah terpasang sudah berjalan dengan baik tapi kan belum kita lakukan penegakan hukumnya karena masih menunggu launching terlebih dahulu,” kata Dirlantas Polda Sumsel, Kombes Pol Cornelis F Hotman.

Hotman memberi informasi seputar penerapan kamera ETLE yang sudah terpasang di dua titik yang ada. Yang mana terdapat banyak pelanggaran yang didominasi oleh kendaraan roda dua. (**)

PDIP

PKB

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.