Hampir Satu Tahun Buron, Polsek Gelumbang Sergap Petani Pencuri 41 Buah Pandrol Rel KA

Sumardi Bin Suripto (29), pelaku pencurian 41 buah Pandrol Rel KA, berhasil diciduk Polsek Gelumbang.

Laporan: Endang Saputra

Muaraenim, Sumselupdate.com – Setelah hampir satu tahun buron, Sumardi Bin Suripto (29), pelaku pencurian 41 buah Pandrol Rel KA, berhasil diciduk Polsek Gelumbang, di kediamannya, Senin (19/04/2021) dini hari.

Bacaan Lainnya

Pelaku yang merupakan warga Dusun IV Desa Lorok, Kecamatan Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir ini, melakukan tindak pidana kejahatannya bersama dua orang rekannya yakni Farhan Farado Bin Baihaqi (23), pengangguran warga Desa Bitis, Kecamatan Gelumbang, Muaraenim dan Rio Widodo Bin Suhaimi (25), seorang sopir warga Desa Talang Taling, Kecamatan Gelumbang, Kabupaten Muaraenim. Dimana kedua rekan pelaku ini telah lebih dulu menjalani hukumannya di Lapas kelas IIB Muaraenim.

Disampaikan Kapolres Muaraenim AKBP Danny Sianipar melalui Kapoksek Gelumbang Iptu Hary Dinar, tindak pidana dilakukan tersangka Sumardi bersama dua rekannya, terjadi pada Rabu (20/5/2020), sekitar 01.00 WIB di Jalur Rel Kereta Api KM 343+7/8 Desa Karang Endah, Kecamatan Gelumbang, Kabupaten  Muaraenim.

“Tindak pidana curat ini dilakukannya bersama dua orang rekannya yang telah kita amankan terlebih dahulu tahun lalu. Dimana pada hari Rabu tanggal 20 Mei 2020, para pelaku ini berhasil mencuri 41 buah Pandrol Rel Jalur Kereta Api Milik PT KAI,” ungkapnya, Senin (19/04/2021) pada media ini.

Terungkapnya tindak pidana ini, berawal dari pelapor M Fajri Ramadhan, karyawan PT KAI yang diberitahu Petugas Polsuska, bahwa Pandrol Rel Kereta Api di KM 343+7/8 telah hilang sebanyak 41 Buah.

“Terungkapnya tindak pidana ini setelah kita mendapat laporan dari karyawan PT KAI. Dan akibat kejadian tersebut, PT KAI mengalami kerugian sebesar lebih kurang Rp1.500.000. Hingga kita langsung melakukan penyidikan atas laporan tersebut, hingga terungkaplah pelaku bersama dua rekannya yang melakukan pencurian tersebut,” bebernya.

Ditambahkan Kapolsek, penangkapan ini mereka lakukan berawal informasi yang ia dapat dari warga sekitar tentang keberadaan pelaku yang berada di rumahnya.

“Pelaku ini sempat menjadi DPO kita, dan hingga akhirnya dikatahui keberadaannya yang sedang berada di kediamannya. Hingga saya memerintahkan Kanit Reskrim Ipda Agus Widodo, untuk melakukan penyelidikan terhadap keberadaan tersangka dan penangkapan dilakukan Senin, 19 April 2021 sekitar pukul 00.10 WIB,” jelasnya.

Selanjutnya tersangka bersama barang bukti langsung dibawa ke Mapolsek Gelumbang guna proses hukum lebih lanjut.

Adapun barang bukti yang diamankan bersama tersangka yaitu satu unit mobil Toyota Kijang Super warna Biru metalik dengan No.Pol BG 2495 FL dengan No.Ka : MHF11LF82Y0009436 Dan No.Sin : 2L-9604847 STNK An. MUSADAT WF (sudah disita dalam berkas perkara lainnya) dan 41 (empat puluh satu) buah Pandrol Rel Kereta Api yang sudah disita dalam berkas perkara lainnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.