Durian Khas Empat Lawang Mulai Bermunculan

Pedagang durian mulai bermunculan di titik jalan lintas sumatera Tebing Tinggi.

Laporan: Mutakim Alparizi

Tebingt Tinggi, sumselupdate.com Buah yang banyak diminati dan dinanti-nantikan masyarakat yakni durian, kini bermunculan dibeberapa titik jalan lintas sumatera Tebing Tinggi.

Read More

Reza Iskandar (46), tak lain salah satu pedagang durian di Jalinsum Tebing Tinggi menerangkan, sebagian besar buah durian di Tebing Tinggi mulai memasuki masa panen. Ada juga sebagian lahan kebun durian warga lain yang masih dalam tahapan berbunga. Dan diperkirakan satu atau dua bulan kedepan akan lebih banyak lagi yang memasuki masa panen.

“Kalau lahan kebun saya sih masih dalam proses berbunga, jadi belum bisa panen. Makanya yang saya jual ini merupakan milik teman yang lahan kebun duriannya sudah memasuki masa panen,” kata Reza Iskandar.

Disampaikannya, harga buah durian itu bervariasi tergantung dengan ukuran dan kondisinya. Dipastikan yang berukuran kecil itu harganya dibatasi paling mahal Rp10.000. Kemudian disusul lagi dengan ukuran lebih besar mencapai harga Rp15.000. Bahkan ada juga yang berukuran jumbo yang ditaksir harga mencapai Rp25.000.

“Mengenai harga dilihat berdasarkan ukuran buah durian, jadi dipastikan berpariasi pak,” imbuhnya.

Di sisi lain, pembeli buah durian masih didominasi oleh pemudik maupun pengguna jalan yang melintasi jalinsum Tebing Tinggi. Sehingga hal ini tentu membawa keuntungan tersendiri bagi penjual durian. Karena bisa membawa keberkahan hingga mencapai ratusan ribu perharinya.

Seperti yang dialami oleh Sardi (45), warga Kelurahan Tanjung Kupang yang berjualan durian sekitaran Jalan menuju Perbatasan Empat Lawang-Lahat mengaku omzetnya naik.

“Ada lonjakan omzet untuk arus balik tahun ini, kalau hari biasa keuntungannya tidak terlalu tinggi,” ucapnya.

Tahun ini durian benar-benar menjadi favorit pemudik bahkan beberapa pemudik sudah merencanakan untuk membeli durian di Empat Lawang saat melintasi Jalan Lintas Sumatera Tebing Tinggi-Lahat sebab dibeberapa daerah durian belum musim.

“Di Empat Lawang ini mungkin hanya beberapa daerah saja yang musim durian sehingga kami tidak ingin kelewatan untuk mencicipinya,” ucap Anton (35) Pemudik asal Musirawas yang ingin  kembali ke pulau Jawa. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.