Dukung Penerapan ETLE, Pemkab Siapkan Tiga Titik di Muaraenim

Plh Bupati Muaraenim, Kurniawan AP dalam pertemuan dengan Kapolres Muara Enim AKBP Aris Rusdiyanto dan Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Satgas ETLE Ditlantas Polda Sumsel, AKBP Erwin Aras Genda, di Balai Agung Serasan Sekundang, Muaraenim, Senin malam (13/06/2022).

Laporan: Endang Saputra

Muaraenim, Sumselupdate.com – Dalam waktu dekat, Kabupaten Muaraenim segera menerapkan sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

Read More

Hal tersebut disampaikan Plh Bupati Muaraenim, Kurniawan AP dalam pertemuan dengan Kapolres Muaraenim AKBP Aris Rusdiyanto dan Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) Satgas ETLE Ditlantas Polda Sumsel, AKBP Erwin Aras Genda, di Balai Agung Serasan Sekundang, Muaraenim, Senin malam (13/06/2022).

Untuk tahap awal direncanakan perangkat ETLE terpasang di tiga titik dalam kecamatan Muaraenim, yaitu di Simpang Jembatan Enim II, Simpang Tugu Pahlawan dan Simpang Kepur, batas kota Muaraenim.

Plh Bupati yang didampingi Pj Sekretaris Daerah Emran Tabrani menjelaskan, penerapan ETLE ini sangat penting dalam mendukung tranformasi digitalisasi tilang demi terciptanya budaya tertib dan disiplin masyarakat dalam menjaga keselamatan maupun keamanan berlalulintas.

“Oleh sebab itu paling tidak melalui RAPBD Perubahan 2022 ini akan diusulkan belanja hibah pengadaan 2 perangkat ETLE sebesar Rp1,7 milyar kepada Polres Muaraenim,”ungkapnya.

Masih kata, Kurniawan direncanakan pula per (01/06) mendatang dirinya akan menandatangani nota kesepahaman dengan Kapolda Sumsel sekaligus menandai peluncuran penerapan ETLE serentak di Sumsel oleh Gubernur H. Herman Deru.

“Penempatan ketiga titik perangkat tadi masih akan dikaji lebih lanjut oleh tim teknis dari Dishub Muara Enim dan Satlantas Polres Muara Enim,” ujarnya.

Lanjut, Kurniawan tak hanya mendorong keamanan dan ketertiban berlalulintas, ia juga berharap penerapan ETLE ini juga mampu meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

“Dengan adanya ETLE ini diharapkan dapat meningkatkan PAD daerah melalui denda tilang dan balik nama kendaraan yang memiliki nomor registrasi kendaraan luar daerah,” pungkasnya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.