Dubes Inggris Untuk Arab Saudi Bersyahadat dan Naik Haji

Simon Collis dan istrinya, Huda al Mujarkech, saat menunaikan haji (twitter/dailymail.com)

Riyadh, Sumselupdate.com – Duta Besar (Dubes) Ingris untuk Arab Saudi, Simon Collis, dilaporkan telah mengucapkan kalimat syahadat.

Sang Dubes, seperti dikutip dari berbagai sumber pada Kamis (15/9), memutuskan untuk menjadi seorang muslim setelah hidup berdampingan dengan komunitas Islam selama 30 tahun.

Selain menjadi muslim, ayah lima anak itu juga telah menunaikan ibadah haji yang merupakan salah satu rukun Islam.

Collis mengunggah foto dirinya bersama sang istri, Huda al-Mujarkech, dalam balutan kain putih ihram di laman Twitter miliknya.

Setelah menunaikan ibadah di Tanah Suci, pria 60 tahun tersebut menjadi Dubes Inggris pertama dalam sejarah yang bergelar haji.

“Aku memutuskan untuk mengucapkan syahadat setelah 30 tahun hidup di komunitas Islam dan sebelum menikahi Huda,” tulis Collis dalam akun Twitter-nya.

Menurut laporan, Collis mengucap syahadat pada 2011, jelang menikahi sang istri, Huda. Namun tidak banyak yang mengetahui hal tersebut, hingga fotonya sedang menunaikan ibadah haji tersebar.

Dubes Collis menjadi salah satu dari sekitar 19 ribu warga muslim Inggris yang menunaikan haji tahun ini.

Dia pun mengatakan tidak akan mengubah namanya dan tetap menggunakan panggilannya yang sekarang.

Sebelum menjabat Dubes Arab Saudi, Collis menjadi utusan Inggris di Suriah pada 2007 hingga 2012, ketika hubungan diplomatis Inggris dengan Presiden Bashar al-Assad berakhir.

Setelah tidak lagi menjabat di Damaskus, Collis mengabdi sebagai Dubes Inggris untuk Irak hingga 2014. Dia pindah ke Riyadh, Arab Saudi, pada Januari 2015. (shn)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.