Dua Tertangkap, Tiga Pencuri Lari Tunggang Langgang

Jumat, 19 Februari 2016
Kedua tersangka pencuri kabel tembaga milik PT BBP diamankan jajaran reskrim Polsek Talang Ubi, Jumat (19/2).

PALI, Sumselupdate.com -Jajaran Unit Reskrim Polsek Talang Ubi di bawah komando Ipda Rusli, SH berhasil mengamankan dua dari lima pelaku komplotan pencuri kabel tembaga milik perusahaan PT Benakat Barat Petrolium (PT BBP).

Kedua pelaku A Rizal (24) dan Samsul (18), keduanya merupakan warga Talang Puyang, Kelurahan Talang Ubi Barat, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI).

Bacaan Lainnya

Informasi yang dihimpun penangkapan tersebut berlangsung, Jumat (19/2) sekitar pukul 01.30. Saat itu lima pelaku sedang asyik menjalankan aksinya.

Mereka memotong kabel tembaga menggunakan gergaji besi yang membentang di stasiun 6 PT BBP, KSO Desa Benakat Minyak, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten PALI.

Berawal dari masuknya laporan ke Mapolsek Talang Ubi, atas adanya tindak pidana pencurian di lokasi tersebut. Langsung saja petugas melakukan pengintaian hingga berjam-jam untuk mengawasi gerak-gerik para tersangka, dan benar saja lima pelaku menuju ke lokasi kejadian untuk menjalankan aksinya yang telah dilakukan berulang kali.

Melihat para tersangka berhasil memotong beberapa meter kabel, petugas langsung melakukan penyergapan. Terjadilah kejar-kejaran di antaranya dan petugas hanya berhasil mengamankan dua orang pelaku. Sedangkan ketiga pelaku lari tunggang langgang memasuki hutan akasia milik PT Musi Hutan Persada (MHP).
D
ari hasil olah Tempat Kejadian Perkara (TKP), petugas mengamankan barang bukti berupa empat unit sepeda motor yang telah di modifikasi trail, merek Honda Revo, Honda Supra, Honda Supra Fit, dan Yamaha Fiz R. Berikut dengan satu buah gergaji besi, tiga buah mata gergaji besi, gulungan kabel tembaga, travo listrik, dan tali nilon.

Kapolres Muaraenim AKBP Nuryanto, SIK, SH melalui Kapolsek Talang Ubi Kompol Janton Silaban, SIK, SH didampingi Kanit Reskrim Ipda Rusli, SH mengatakan, pihaknya terus melakukan pengejaran terhadap tiga nama pelaku pencurian lainnya, yang berhasil melarikan diri saat dilakukan penyergapan di lokasi kejadian.

“Kita sudah mengetahui semua identitas ke tiga pelaku lainya yang berhasil kabur. Dan anggota sudah saya perintahkan, untuk melakukan pengejaran terhadap semuanya hingga dapat. Namun, kita himbau kepada ketiganya untuk bisa menyerahkan diri secara baik-baik ke Mapolsek Talang Ubi, sebelum ditangkap anggota kita,” tegasnya.

Menurut pengakuan Samsul, dirinya hanya sekadar ikut-ikutan dalam melakukan aksi pencurian kabel tembaga tersebut.

“Aku cuma sekedar ikut-ikutan saja Pak dalam mencuri kabel tembaga ini. Kalau upahnyo dienjuk sekadarnyo bae. Paling cuma dapat untuk beli rokok dan makan pak. Memang aku tidak ada kerjaan sekarang ini,” kilahnya saat diinterograsi petugas. (adj)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.