Dosen Prodi PGSD FKIP Universitas PGRI Palembang Gelar Pelatihan Jarimatika Untuk Guru Sekolah Dasar

Wakil Rektor III Universitas PGRI Palembang, Drs Sukardi, MPd, Kepala SD Negeri 2 Inderalaya Utara, Yusmardi, SPd, Sd, Kepala SDN Negeri 15 Inderalaya Utara, Nurpala, SPd, Sd, Kabag Humas, Protokol, Promosi, dan Kerjasama Universitas PGRI Palembang, Dr Mulyadi, MA berfoto bersama.

Inderalaya, Sumselupdate.com – Sebanyak enam dosen Program Studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP)  Universitas PGRI Palembang menggelar pelatihan jarimatika di dua sekolah yang berada di Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatera Selatan, Selasa (20/10/2020).

Pelatihan jarimatika ini merupakan salah satu Tri Darma perguruan tinggi yang dilakukan dosen Prodi PGSD FKIP Universitas PGRI Palembang berupa kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di SD Negeri 2 dan SD Negeri 15 di Kecamatan Inderalaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir.

Bacaan Lainnya

Di sela kegiatan PkM yang menerapkan protokol kesehatan Covid-19 itu, dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Universitas PGRI Palembang dan dua SD negeri tersebut.

Dosen Prodi PGSD FKIP Universitas PGRI Palembang yang juga Ketua Panitia Kegiatan, Puji Ayu Racmawati, MPd sedang menyampaikan materi.

Nota kesepahaman ini ditandatangani Rektor Universitas PGRI Palembang, Dr H Bukman Lian, MM, MSi yang diwakili oleh Wakil Rektor III Drs Sukardi, MPd, Kepala SD Negeri 2 Inderalaya Utara, Yusmardi, SPd, Sd, dan Kepala SDN Negeri 15 Inderalaya Utara, Nurpala, SPd, Sd.

Selain itu, dilakukan sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), yang disampaikan langsung oleh Kabag Humas, Protokol, Promosi, dan Kerjasama Universitas PGRI Palembang, Dr Mulyadi, MA.

Dalam paparannya, Wakil Rektor III Universitas PGRI Palembang Drs Sukardi, MPd menyampaikan mengenai keunggulan Universitas PGRI Palembang sehingga menjadi perguruan tinggi pilihan.

Selain terakreditasi B, Universitas PGRI Palembang dilengkapi fasilitas laboratorium lima lantai dan perpustakaan lengkap dengan akreditasi A terbaik di Sumatera Selatan.

Suasana pelatihan jarimatika di dua sekolah yang berada di Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatera Selatan, Selasa (20/10/2020).

Keunggulan lain, Universitas PGRI merupakan Cyber University dan sudah menggunakan Sisfo untuk kegiatan perkuliahan.

Kemudian, dosen dan mahasiswanya berprestasi di berbagai bidang baik akademik, penelitian, dan lainnya.

“Keunggulan lain, bagi siswa yang berasal dari sekolah yang sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan beragam keringanan, antara lain bebas uang pendaftaran. Apalagi orang tua siswa adalah guru, anggota PGRI maka akan mendapatkan diskon SPP sampai 50 persen,” jelas Sukardi.

Sementara itu, Kabag Humas, Protokol, Promosi, dan Kerjasama Universitas PGRI Palembang, Dr Mulyadi, MA menambahkan bahwa bagi guru-guru yang akan melanjutkan ke jenjang pendidikan Strata Dua (S2) yang sekolah tempatnya mengajar sudah MoU dengan Universitas PGRI Palembang, maka akan mendapatkan keringanan SPP sampai 25 persen.

“Kita mempunyai tiga program studi di Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, yaitu Magister Manajemen Pendidikan, Magister Pendidikan Bahasa Inggris, dan Magister Pendidikan Bahasa Indonesia,” jelas Mulyadi.

Dosen Prodi PGSD FKIP Universitas PGRI Palembang, Marvinda Rizki Dita Dirgantara, MPd menyampaikan materi.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Kegiatan, Puji Ayu Racmawati, MPd menjelaskan, pelatihan jarimatika ini sangat penting, selain meningkatkan profesionalitas dan juga selalu upgrade tentang informasi, teknologi serta dapat mengetahui teknik pembelajaran terbaharukan agar guru-guru yang ada di zaman milenial tidak tertinggal oleh muridnya.

Dikatakannya, materi yang disampaikan kepada para guru yakni membahas tentang fungsi arimatika penjumlahan, pengurangan, pembagian, dan perkalian menggunakan jari.

Mengenai dipilihnya SD Negeri 2 dan SD Negeri 15 di Kecamatan Inderalaya Utara sebagai sekolah mitra dalam pelaksana kegiatan ini, menurut Puji Ayu Racmawati, karena kedua sekolah tersebut memiliki potensi yang baik dalam peningkatan mutu pendidikan di daerah tersebut.

“Pelatihan ini menyasar bagaimana cara penerapan sebuah jarimatika pada hitungan sederhana, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian,” terangnya.

Adapun pengisi materi dalam pelatihan jarimatika ini, Sylvia Laras Syaflin, MPd sebagai penyampai perkenalan dan pemahaman konsep awal tentang jari matika.

Peserta pelatihan jarimatika semangat mengikuti kegiatan, Selasa (20/10/2020).

Sesi kedua dilanjutkan materi oleh Puji Ayu Rachmawati, MPd yang menjelaskan materi penjumlahan menggunakan jari.

Pada sesi ketiga materi dijelaskan oleh Marvinda Rizki Dita Dirgantara, MPd untuk materi pengurangan dengan jari. Sunedi, MPd memberikan materi perkalian dan ditutup oleh Mifta Inda Sari, MPd menjelaskan materi pengurangan.

Sedangkan moderator dalam pelatihan ini, Adrianus Dedy, SFill, MPd. Sedangkan mahasiswa yang membantu dalam pelatihan ini Rizki Ramadhan dan Risma Nur Juliani.

Kepala SD Negeri 2 Inderalaya Utara, Yusmardi, SPd mengatakan, kegiatan pelatihan ini sangat baik dan bermanfaat bagi peningkatan kemampuan para guru dalam mengajar di era serba kreatif seperti sekarang ini.

“Mudah-mudahan kegiatan yang dipelopori dosen PGSD FKIP Universitas PGRI Palembang ini dapat terus berkesinambungan,” harapnya. (rel)

 

 

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.