Dosen Prodi Biologi Universitas PGRI Palembang Gelar PkM di SMA Negeri 2 Muara Dua  

Suasana kegiatan PkM yang digelar Dosen Prodi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas PGRI Palembang di SMA Negeri 2 Muara Dua, Kabupaten OKU Selatan, Sumsel, Jumat (27/11/2020).

Muaradua, Sumselupdate.com – Dosen Program Studi (Prodi) Biologi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas PGRI Palembang mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di SMA Negeri 2 Muara Dua, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Jumat (27/11/2020).

Dosen yang ikut dalam kegiatan PkM yang bertemakan ‘Insektarium Sebagai Media Pembelajaran Serangga’ ini adalah Dian Mutiara, MSi,  Dewi Novianti, SSi, MKes, Trimin Kartika, MSi, Dra Marmaini, MP, Drs Syamsul Rizal, MSi.

Bacaan Lainnya

Suasana kegiatan PkM yang digelar Dosen Prodi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas PGRI Palembang di SMA Negeri 2 Muara Dua, Kabupaten OKU Selatan, Sumsel, Jumat (27/11/2020).

Selain itu, dua mahasiwa aktif turut diajak mengikuti PkM dan sosialisasi, yakni Rahmat Adrian Ketua HMPS Biologi sekaligus penerima beasiswa Bidik Misi dan Rega Lilianti penerima potongan 50 persen anak guru.

Para peserta dalam kegiatan PkM yang menerapkan protokol kesehatan ini adalah siswa kelas 12 dan guru SMAN 2 Muara Dua, Kabupaten OKU Selatan.

Selain kegiatan PkM dilakukan sosialisasi Prodi Biologi dan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Universitas PGRI Palembang dan SMA Negeri 2 Muara Dua.

Nota kesepahaman ditandatangani oleh Rektor Universitas PGRI Palembang Dr H Bukman Lian, MM, MSi yang diwakili oleh Wakil Rektor III, Drs Sukardi, MPd dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum Heni Tresnawati, SPd, MM.

Pemberian cindramata dari Universitas PGRI Palembang kepada SMA Negeri 2 Muara Dua, Kabupaten OKU Selatan.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara Fakultas Sains dan Teknologi Universitas PGRI Palembang yang diwakili oleh Dr Andi Arif Setiawan, MSi dan perjanjian kerjasama Prodi Biologi oleh Kaprodi Biologi, Dewi Novianti, SSi, MKes.

Ketua Tim PkM, Dian Mutiara, MSi mengatakan, kegiatan ini untuk mengenalkan Prodi Biologi Universitas PGRI Palembang dan ilmu-ilmu yang dipelajari dalam Biologi.

Di antara ilmu itu di antaranya penggunaan pemanfaatan serangga dalam pembuatan insectarium bisa dijadikan media pembelajaran, koleksi serangga dan bernilai entrepreneur sertaan sosialisasi sekaligus promosi khususnya pada Prodi Biologi.

Pada kesempatan itu, Dian Mutiara, MSi memaparkan materi tentang Identifikasi Serangga. Kemudian, Dewi Novianti, SSi, MKes memaparkan materi tentang  Peranan Serangga dalam Kehidupan Manusia.

Berfoto bersama usai kegiatan PkM dilaksanakan.

Kemudian, Trimin Kartika, MSi memaparkan materi tentang Teknik Pembuatan Insectarium, Dra Marmaini, MP memaparkan materi mengenai Penggunaan Insektarium Sebagai Media Pembelajaran di SMA, dan Drs Syamsul Rizal, MSi memaparkan materi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kehidupan serangga.

Di akhir acara diberikan cinderamata berupa jam insectarium serta door prize kepada enam siswa penanya terbaik. (rel)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.